Kantor Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar ekspos kinerja pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik pada 2024. Foto-Amrullah/ SUARAMILENIAL |
SUARAMILENIAL.ID, BANJARMASIN - Kantor Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar ekspos kinerja pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik pada 2024.
Kepala Perwakilan Ombudsman Kalsel, Hadi Rahman menyebutkan bahwa survei kepuasan masyarakat (SKM) kini berada di angka 3,34 atau kategori baik.
“Alhamdulillah, hasil positif dan bukti nyata untuk kita Ombudsman Kalsel membantu menyelesaikan apa pun aduan dan masukan dari masyarakat, baik tingkat pusat ibu kota provinsi hingga ke pelosok-pelosok desa,” ucapnya kepada awak media, Kamis (19/12) siang.
Kendati begitu, ia mengatakan sebanyak 11 laporan yang menjadi sorotan mereka di sepanjang 2024.
“Ombudsman Kalsel menindaklanjuti aduan masyarakat dan melakukan peninjauan ke lokasi, hasilnya dilakukan perbaikan terhadap temuan kebocoran dinding saluran BAKn 2 yang berdampak terhadap penurunan debit air oleh instansi terkait,” ungkap Hadi.
Ombudsman Kalsel juga mengungkap valuasi penyelamatan terhadap kerugian masyarakat.
“Valuasi kerugian masyarakat setiap tahun mengalami peningkatan. Pada 2021 valuasi yang berhasil diselamatkan sebesar Rp3,4 miliar, 2022 sebesar Rp14 miliar dan 2024 sebesar Rp18 miliar,” pungkasnya.
Reporter : Amrullah
Editor : Muhammad Robby