Koalisi Pemuda HST Audiensi ke Cabup Nomor Urut 2, Sampaikan Belasan Aspirasi

Koalisi Pemuda HST yang tergabung dalam gerakan kotak suara lingkungan #SAVEMERATUS melakukan audiensi ke Calon Bupati HST nomor urut 2, Samsul Rizal. Foto-Istimewa

SUARAMILENIAL.ID, BARABAI - Koalisi Pemuda Hulu Sungai Tengah (HST) yang tergabung dalam gerakan kotak suara lingkungan #SAVEMERATUS melakukan audiensi ke Calon Bupati HST nomor urut 2, Samsul Rizal, Senin (21/10) sore.


Koalisi Pemuda HST ini terdiri dari Green Leaders Indonesia (GLI), Green Youth Movement (GYM), Bank Sampah Urbandewan, Ratikita.id, Pepelingasih HST, Barabai Muda, PC PMII Barabai, HMI Cabang Barabai, Gusdurian Barabai, Orpala Garimbas, AMAN HST, IPNU HST, Gen Z Movement HST, serta individu pemuda pegiat lingkungan.


Audiensi tersebut digelar merespons surat yang dilayangkan koalisi Pemuda HST beberapa waktu lalu dan berlangsung di Posko Pemenangan Samsul Rizal dan Gusti Rosyadi Elmi di Jalan Murakata Barabai.


Proses audiensi berlangsung dengan diskusi dan penyerahan hasil kajian pemuda berkaitan aspirasi dan rekomendasi, serta naskah komitmen calon Bupati dan Wakil Bupati HST.


Koordinator Green Youth Movement (GYM), Windri menerangkan, gerakan ini merupakan bentuk usaha pemuda untuk mengkawal jalannya Pilkada HST 2024 agar sesuai dengan yang diharapkan.


Pihaknya yang terhimpun dalam belasan organisasi dan komunitas di HST telah berdiskusi dan merumuskan berbagai aspirasi dan rekomendasi. 


Salah satunya yakni agar Calon Bupati dan Wakil Bupati HST tetap komitmen menyelamatkan Pegunungan Meratus.


"Kami mendorong agar Calon Bupati dan Wakil Bupati HST berkomitmen untuk tidak melakukan pertambangan batu bara dan perkebunan kelapa sawit, serta mendorong ekonomi hijau di HST," jelasnya.


Aspirasi lainnya terkait komitmen untuk melakukan pemerataan pendidikan dan infrastruktur khususnya di wilayah Pegunungan Meratus HST, pengakuan perlindungan dan pemberdayaan masyarakat hukum adat (MHA) HST.


Kemudian, komitmen terkait pemberantasan narkoba dan judi, pemberantasan pertambangan dan perambahan hutan ilegal, edukasi dan pendampingan pemeliharaan sungai.


"Kami juga mendorong agar calon tersebut mengembangkan sektor wisata berbasis masyarakat, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), pengoptimalan pengelolaan sampah," lanjutnya.


Selanjutnya, koalisi pemuda juga mendorong untuk calon agar berkomitmen mendorong pencabutan izin pertambangan PT Antang Gunung Meratus (AGM) dari wilayah HST, serta mendorong penerapan ide kreatif dalam melakukan transisi ekonomi hijau.


"Koalisi pemuda juga mendorong keterbukaan informasi dalam melaksanakan berbagai peraturan yang ada di HST," paparnya.


Sementara itu, Calon Bupati HST nomor urut 2, Samsul Rizal menyambut baik audiensi Koalisi Pemuda HST tersebut. Ia menepis isu jika terpilih menjadi Bupati akan mengeksploitasi sumber daya alam (SDA) melalui pertambangan.


"Tak ada pertambangan. Prioritas saya untuk memajukan sektor pertanian," ucapnya. 


Bang Rizal sangat menghargai munculnya banyak aspirasi dan inisiatif dari para pemuda HST. Menurutnya para anak muda seperti ini patut diberdayakan demi HST yang lebih baik ke depannya.


"Senang dengan adanya aspirasi seperti ini. Mudah-mudahan jika terpilih, anak-anak muda seperti kalian tetap membersamai kami untuk bersama-sama memajukan HST," imbuh Bang Rizal.


Terkait nota komitmen yang disampaikan Koalisi Pemuda HST, pihaknya pun akan mengkaji terlebih dahulu berbagai poin aspirasi dan rekomendasinya sebelum melakukan penandatanganan. (rilis)

Lebih baru Lebih lama