Tok, Gus Samsudin Divonis Bebas Terkait Kasus Aliran Sesat Tukar Pasangan

PN Blitar memvonis bebas paranormal Samsudin Jadab alias Gus Samsudin terkait kasus aliran sesat membolehkan tukar pasangan. Foto-net

SUARAMILENIAL.ID, BLITAR - Pengadilan Negeri (PN) Blitar memvonis bebas paranormal Samsudin Jadab alias Gus Samsudin terkait kasus aliran sesat membolehkan tukar pasangan.

Majelis Hakim PN Blitar, Arif Kurniawan menilai Samsudin dan kedua anak buahnya tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Terdakwa Samsudin tidak terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana diusahakan di dalam seluruh dakwaan," ucap hakim Arif Kurniawan dilansir cnnindonesia, Senin (29/7).

Dalam putusannya, Majelis Hakim juga memerintahkan agar Samsudin dan kedua terdakwa lainnya dapat segera dibebaskan dari tahanan.

"Kedua, membebaskan terdakwa oleh dakwaan jaksa penuntut umum," katanya.

Mendengar vonis bebas dari Majelis Hakim, para terdakwa juga langsung melakukan sujud syukur di dalam ruang sidang di hadapan majelis hakim.

Samsudin sebelumnya dituntut JPU dengan hukuman 2 tahun 6 bulan penjara dengan denda Rp 5 juta dan subsider 3 bulan kurungan. 

Sedangkan dua anak buahnya dituntut lebih ringan, yakni 1 tahun 6 bulan penjara.

Samsudin dan dua anak buahnya berhadapan dengan hukum usai mengunggah video yang membolehkan pengikutnya bertukar pasangan.

Samsudin dijerat Pasal 28 ayat (2) dan ayat (3) Undang-Undang (UU) nomor 1 tahun 2024 tentang Perubahan Kedua UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Pasal 28 ayat (2) tentang penyebaran kebencian suku, agama, ras, dan antar golongan. 

Sedangkan Pasal 28 ayat (3) tentang pelanggaran menyebarkan informasi bohong yang menimbulkan kerusuhan.

Reporter : Newswire

Editor : Muhammad Robby

Lebih baru Lebih lama