Sambut Kemerdekaan RI dengan Listrik Andal, PLN Gelar Rakor Transmisi Se Indonesia

Arahan secara daring dari Evy Haryadi, Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PT PLN (Persero). Foto-Istimewa

SUARAMILENIAL.ID, JAKARTA -  Direktorat Transmisi dan Perencanaan Sistem (Dit Trans dan Rensis) PT PLN (Persero) menggelar perhelatan akbar, yakni Rapat Koordinasi (Rakor) Triwulan III 2024 bertempat di Hotel Grand Jatra Balikpapan, 22 Juli - 23 Juli 2024.

Tujuannya untuk memastikan kesiapan suplai listrik seluruh unit beserta mitigasi tantangan yang harus dihadapi di periode triwulan III 2024, khususnya jelang Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia 

Rapat yang mengusung tema Strengthen The Power System, Secure The Transition Era ini turut mengundang seluruh divisi di bawah Dit Trans dan Rensis, Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B), Unit Induk Pengatur Beban (UIP2B), Unit Induk Transmisi (UIT) dan Unit Induk Wilayah (UIW) seluruh Indonesia.

Evy Haryadi, Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PT PLN (Persero) yang hadir via daring menyampaikan bahwa satu-satunya yang tetap di dunia ini adalah perubahan. 

Dengan antisipasi terbaik, semoga PLN dapat menjadi perusahaan yang tidak hanya merespon perubahan, namun juga menghadirkan perubahan baik bagi dunia.

“Saat ini setidaknya ada 3 perubahan yang sedang terjadi dan perlu PLN respon, yaitu peralihan kepemimpinan baru, dinamika geopolitik global, perubahan iklim dan transisi energi,” jelas Evy

Evy menambahkan transformasi digital membuka titik vulnerable baru pada sistem kelistrikan, salah satunya mengenai keamanan data center. 

Antisipasi yang tepat perlu disusun untuk menjaga keamanan sistem.

“Perlu adanya kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap serangan siber. Dilanjutkan dengan melakukan evaluasi dan assesment terhadap potensi-potensi yang bisa membahayakan sistem. Selain itu, antisipasi yang tepat perlu disusun untuk menjaga keamanan sistem,” pungkas Evy.

Abdul Salam Nganro, General Manager PLN UIP3B Kalimantan selaku tuan rumah pada perhelatan akbar rakor tersebut menyampaikan agar momentum ini diharapkan dapat menghadirkan semangat yang sama dengan kompetisi tenis Wimbledon yang diambil sebagai tema visual. 

Komitmen, dedikasi, dan persiapan yang matang merupakan sumber kekuatan kita untuk menghadapi tantangan dan mengatasi batasan untuk perkuatan sistem ke depan.

“Semoga PLN dapat selalu memberikan layanan yang terbaik, terutama di Kalimantan yang ke depan akan menyokong Ibukota Nusantara. Bagaimana PLN mampu memasok listrik hijau ke IKN melalui infrastruktur jaringan yang mengutamakan aspek Smart, Green, Beautiful and Sustainable,” ungkap Salam.

Pada kesempatan tersebut, Salam juga menyampaikan kesiapan suplai listrik PLN untuk menyambut Upacara Hari Kemerdekaan RI di Ibukota Nusantara yang saat ini dipasok dari Gardu Induk (GI) Mobile Gresik 2x30 Mega Volt Ampere (MVA) dan selanjutnya akan dipasok oleh Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 IKN 4x60 MVA.

“PLN dapat memastikan bahwa perhelatan upacara HUT RI di IKN yang membutuhkan daya sebesar 813 KVA dapat tercukupi. Hal ini sejalan dengan tema rakor kali ini di mana penguatan pasokan dan sistem menjadi topik yang utama,” pungkasnya.

Reporter : Newswire

Editor : Amrullah Ermanto

Lebih baru Lebih lama