KPK Menang Kasasi, Eks Bupati HST Wajib Bayar Uang Pengganti Rp41,4 Miliar

Eks Bupati HST, Abdul Latif. Foto-Sindonews

SUARAMILENIAL.ID, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil memenangkan kasasi atas kasus dugaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) eks Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Abdul Latif. 


Alhasil, terdakwa Abdul Latif diwajibkan membayar uang penggati senilai Rp41,4 miliar. 


Kasatgas Penuntutan KPK, Ikhsan Fernandi Z mengatakan Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan pidana uang pengganti bernilai jumbo tersebut. 


Hal ini berdasarkan petikan putusan kasasi yang diterima KPK. 


“Berdasarkan petikan putusan kasasi yang kami terima, khususnya permintaan pidana uang pengganti dikabulkan Majelis Hakim sebesar Rp41, 4 miliar,” ucap Ikhsan Fernandi dilansir sindonews, Kamis (25/7). 


Pascaputusan, lanjut dia, Tim Jaksa Eksekutor bakal segera melakukan eksekusi.


“Segera proses eksekusi dari putusan ini, kami serahkan ke Tim Jaksa Eksekutor," katanya. 


Jaksa KPK sebelumnya mengajukan upaya hukum kasasi ke MA dalam perkara terdakwa Abdul Latif. 


Langkah ini untuk mempertimbangkan agar perampasan aset (asset recovery) dapat menjadi lebih maksimal dari penanganan perkara. 


Dalam proses itu, permintaan Tim Jaksa agar putusan ditingkat kasasi sama dengan apa yang dituntut melalui surat tuntutan, yaitu Abdul Latif terbukti melakukan gratifikasi dan TPPU. 


Untuk diketahui, Abdul Latif dijatuhkan hukuman enam tahun penjara dalam perkara gratifikasi dan TPPU yang digelar di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Oktober 2023 lalu. 


Hakim juga menghukum terdakwa membayar uang pengganti sebesar Rp30,93 miliar, dengan ketentuan jika tidak dibayarkan selama satu bulan setelah putusan pengadilan, maka harta benda disita jaksa untuk dilelang menutupi uang pengganti. 


Kendati, jika terdakwa tidak memiliki harta benda yang mencukupi, maka dipidana penjara selama enam tahun. 


Namun, Jaksa KPK menolak putusan tersebut dan mengajukan dana pengganti sebesar Rp41,4 miliar.


Reporter : Newswire

Editor      : Muhammad Robby

Lebih baru Lebih lama