Kapolres Kotabaru Imbau Warga Tak Konsumsi Kecubung

Kapolres Kotabaru, AKBP Doli Martua Tanjung. Foto-Istimewa.


SUARAMILENIAL.ID, KOTABARU - Kapolres Kotabaru, AKBP Doli Martua Tanjung mengimbau masyarakat Kotabaru agar tidak coba-coba mengkonsumsi tanaman kecubung.

Sudah bukan rahasia lagi, saat ini publik dihebohkan dengan kabar beredar melalui laman media sosial sejumlah orang linglung usai mengkonsumsi buah kecubung di Banjarmasin.

“Saya mengimbau masyarakat Kotabaru untuk tidak mencoba mengkonsumsi tanaman kecubung,” ucap Doli dalam keterangannya, Sabtu (13/7).

Ia meminta masyarakat untuk menghindari mengkonsumsi tanaman kecubung yang tidak seharusnya dikonsumsi sembarangan.

"Jika tanaman ini dikonsumsi dapat berdampak menyebabkan gangguan mental sementara atau permanen," katanya.

Menurutnya, kecubung memiliki zat beracun yang dapat menimbulkan beberapa gejala dan berbahaya jika dikonsumsi sembarangan.

"Tanaman ini dapat membuat akal sadar manusia tidak bisa membedakan antara nyata dan ilusi. Parahnya hal itu dapat menyebabkan kehilangan nyawa," ujarnya.

Ia berharap dan meminta peran serta masyarakat Kotabaru dan para orang tua untuk mengingatkan anak-anaknya agar tidak mencoba-coba mengonsumsi tanaman tersebut.

"Saya berharap kepada masyarakat dimanapun berada jangan ada niat untuk mencobanya karena efeknya bisa sampai menghilangkan nyawa," tuntasnya.

Reporter: Newswire

Editor: Amrullah Ermanto

Lebih baru Lebih lama