Ketua DPRD Balangan Apresiasi Festival Budaya Meratus 2024

Festival Budaya Meratus 2024. Foto-Istimewa

SUARAMILENIAL.ID, PARINGIN - Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan, mengapresiasi pelaksanaan Festival Budaya Meratus 2024 yang dilaksanakan Desa Wisata Budaya Kapul, Kecamatan Halong, beberapa waktu lalu.

Ahsani Fauzan, menyampaikan bahwa festival budaya ini akan memberikan pelajaran kepada generasi penerus tentang kentalnya budaya di Kalimantan Selatan (Kalsel), khususnya di Kabupaten Balangan. Oleh karena itu menurutnya, festival budaya ini tak boleh dilewatkan.

“Karena melalui festival ini disajikan berbagai macam dan permainan tradisional masyarakat Dayak Meratus di Balangan yang akan menjadi pembelajaran bagi generasi penerus di Kabupaten Balangan,” jelas Ahsani Fauzan.

Ahsani Fauzan, menekankan Festival Budaya Meratus 2024 merupakan ajang promosi untuk memperkenalkan keunikan budaya lokal melalui tradisi yang tumbuh di masyarakat pegunungan Meratus yang masih belum banyak diketahui masyarakat umum.

Pada pembukaan Festival Budaya Meratus 2024 di Desa Wisata Budaya Kapul ini diawali prosesi “tapung tawar” yang dipimpin Kepala Adat Dayak Halong, Gupen kemudian dilanjutkan dengan penampilan tari Bagintur dari Sanggar Seni Wadian Tambai, serta Matu’u atau tradisi menumbuk padi. (*)

Lebih baru Lebih lama