Pendaftaran Beasiswa 2021

Syarat Daftar Beasiswa Cendekia Baznas

Suaramilenial.id Ada kabar baik nih buat kamu yang sedang mencari beasiswa luar negeri. Ada beasiswa yang bisa kamu ambil tahun ini, khususnya untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia.

Nah, buat kamu yang sudah ada rencana untuk kuliah ke malaysia, kamu bisa banget mengikuti program beasiswa Cendekia Badan Azmil Zakat Nasional (Baznas).

Beasiswa ini telah dibuka bagi para lulusan menengah atas kalangan tak mampu yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Ini bisa banget kamu manfaatin agar pendidikan kamu tetap bisa berlanjut.

Sebagai informasi ya, bahwa program beasiswa ini bekerja sama dengan Albukhary International University (AIU) Malaysia. Tentu kamu sudah tidak asing dong dengan AIU ini. Sudah banyak lulusan dari AIU yang kini mewarnai kancah dunia.

Melalui program ini, ada bantuan pendidikan penuh untuk peserta yang ingin kuliah Strata 1 (S1) di Albukhary International University. Jadi pas banget buat kamu yang akan mulai kuliah luar negeri tahun ini.

Apa saja biaya yang ditanggung Baznas?

Pasti kamu bertanya-tanya kan, beasiswa ini memberikan apa saja sih? Nah ada beberapa kriteria biaya yang akan kamu dapatkan dari beasiswa ini. Khususnya dalam kondisi pandemi ini.

jadi, beasiswa yang akan ditanggung oleh pihak Baznas meliputi biaya pembuatan paspor, biaya pendaftaran ke Albukhary International University (AIU), biaya jaminan (personal bond), dan Biaya EMGS.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan biaya pembuatan visa, tiket keberangkatan pertama ke AIU, biaya tes Swab dan PCR. Jadi, dari keberangkatan semua sudah dipersiapkan ya oleh Baznas ya. Jadi kamu tinggal mengikuti saja.

Beasiswa yang ditanggung AIU

Lalu dari pihak AIU Malaysia sendiri akan memberikan beasiswa yang meliputi gratis biaya kuliah, uang saku/makan per bulan, dan akomodasi tempat tinggal. Nah, kamu tinggal belajar dengan baik saja nih.

Khusus dalam situasi pandemi ini, untuk biaya karantina saat kedatangan, tes swab setelah karantina, dan tes PCR sebelum tiba di AIU juga ditanggung oleh pihak AIU. Jadi semua benar-benar tanpa biaya ya.

Lalu Apa Saja Program Beasiswa AIU ini?

Program beasiswa ini dibuka untuk jenjang pendidikan S1 dengan durasi studi maksimal 48 bulan (4 tahun atau 8 semester). Program beasiswa hanya disediakan untuk kelas reguler. Lalu, pendaftar memilih secara mandiri program studi yang terdapat di AIU.

Pendaftar juga wajib mendaftarkan diri melalui skema yang disediakan Baznas, sebelum mendaftarkan langsung ke kampus AIU. Nah untuk persyaratan dan berbagai ketentuan lain, bisa kamu simak berikut ini!

Persyaratan

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan KTP/Kartu Keluarga.
  2. Merupakan Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat berusia antara 18 s/d 22 tahun per 1 September 2021, dibuktikan dengan Ijazah/Surat Keterangan Lulus/Transkrip Nilai.
  3. Dibuka untuk peserta laki-laki maupun perempuan.
  4. Tidak menikah dan bersedia tidak menikah selama mendapatkan beasiswa, membuat surat komitmen.
  5. Penghasilan rata-rata orang tua (orang tua yang bekerja, ayah dan ibu) paling besar Rp4.000.000,- per bulan. Dibuktikan dengan slip gaji atau surat keterangan penghasilan yang ditandatangani oleh kelurahan.
  6. Mempunyai sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500 atau sertifikat IELTS dengan skor minimal 5,0, dibuktikan dengan sertifikat bahasa Inggris (dibolehkan sertifikat TOEFL/IELTS prediction).
  7. Mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat.
  8. Membuat esai “Mengapa memilih AIU dan Rencana pasca lulus”.
  9. Mengikuti rangkaian proses seleksi beasiswa Warga Negara Indonesia.

Dokumen yang dibutuhkan (softcopy)

  1. Formulir pendaftaran yang sudah diisi (DOWNLOAD FORMULIR)
  2. KTP/Kartu Tanda Mahasiswa
  3. Kartu Kelaurga (KK)
  4. Sertifikat TOEFL atau IELTS
  5. Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) asli dan terjemahan bahasa Inggris (wajib bagi lulusan sebelum tahun 2020)
  6. Ijazah asli dan terjemahan dalam bahasa Inggris
  7. Slip gaji/surat keterangan penghasilan asli dan terjemahan dalam bahasa Inggris
  8. Pas foto 3×4 cm background putih
  9. Rapor kelas X s/d kelas XII
  10. Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat
  11. Surat pernyataan
  12. Esai ‘Mengapa memilih AIU dan rencana pascalulus

(Seluruh dokumen nomor 1 sampai 11 di scan dan digabungkan menjadi 1 file PDF)

Ketentuan penulisan esai

  1. Ditulis dengan font Times New Roman 12, spasi 1.
  2. Panjang tulisan minimal 2 halaman maksimal 3 halaman A4.
  3. Isi tulisan memuat:
    a. Deskripsi mengapa memilih AIU
    b. Deskripsi rencana pasca lulus

Cara mendaftar:

  1. Untuk mendaftar Beasiswa S1 di Malaysia Program BCB AIU, peserta mengunduh (download) dan melengkapi formulir pendaftaran pada link berikut: bit.ly/bcbaiu2021.
  2. Peserta mendaftarkan diri dan mengunggah (upload) berkas pendaftaran di: bit.ly/pendaftaranbcbaiu2021.
  3. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 21 JULI 2021.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi

  1. Pendaftaran Online: 7 s/d 21 Juli 2021
  2. Seleksi Administrasi: 22 s/d 23 Juli 2021
  3. Pengumuman Seleksi Administrasi: 24 Juli 2021
  4. Seleksi Wawancara Online Tahap 1: 25 s/d 26 Juli 2021
  5. Pengumuman Lolos Wawancara Tahap 1: 27 Juli 2021
  6. Seleksi Wawancara Online Tahap 2: 28 s/d 30 Juli 2021
  7. Pengumuman Lolos Tahap Akhir: 31 Juli 2021

Informasi Program Beasiswa lainnya, beasiswa s1, beasiswa s2, beasiswa s2, beasiswa dalam dan luar negeri, silakan klik tautan berikut: Info Beasiswa Lengkap

Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga kamu berhasil!

Ramai Dibaca Nih
Surat rekomendasi beasiswa
Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa