BTS Profile

Suara Milenial Mungkin Diwakili BTS

Sadar ga sih kalian suara millennial itu apa? Tidak ada! Sejak kapan millennial menyuarakan suaranya? Tidak pernah, mereka hanya menggerakan jarinya untuk menyampaikan pesan yang ada di kepalanya. Millennial sendiri pun sebenarnya masih belum disepakati secara mutlak apakah dikategorisasikan berdasarkan tahun kelahiran atau berdasarkan kelakuan.

Tapi, tidak sedikit yang menyenggol millennial seakan mereka adalah pembuat gaduh yang harus dikondisikan. Dari sisi sosial, ekonomi, bahkan politik, kosakata millennial muncul dan diucapkan berkali-kali oleh para generasi usia 40-an ke atas.

Dari attitude, cara bekerja, cara berkomunikasi, hingga cara berpolitik dikait-kaitkan dengan millennials. Padahal, millennial sendiri (bagiku) hanyalah sebuah kosakata yang dikonstruksi sedemikian rupa lalu disematkan pada manusia dengan ciri-ciri tertentu, seperti usia maupun perilaku.

Jika millennial dikategorisasi usia, dalam masalah menyuarakan aspirasi maupun pendapat misalnya, kapan millennial speak up untuk bersuara? Ku rasa mereka hanya ada di balik layar gawainya untuk menyampaikan apa yang ada di dalam pikirannya.

Atau, ada sosok tua yang merasa mewakilkan millennial untuk menyampaikan aspirasi secara terbuka. Atau, hanya kelompok politik yang mengatasnamakan millennial untuk tujuan tertentu? Saya rasa itu bukan millennial. Atau kalau memang itu dianggap millennial berarti millennial adalah produk yang diperjualbelikan.

Jika millennial memang dianggap sebagai generasi yang menyampaikan aspirasi tentang generasi saat ini, mungkin millennials itu ada dalam BTS. Boyband korea yang memiliki fans armymemang pernah menyampaikan aspirasi mereka terkait di depan rapat UN terkait dengan Pendidikan dan pelatihan.

Sekumpulan pemuda asal korea dengan fanbase di mana-mana menjadikan mereka dianggap mewakili kegelisahan komentar-komentar digital para generasi muda. Tapi, apakah dengan upaya yang dilakukan BTS bicara di depan rapat UN dianggap sebagai suara millennial? Ku rasa itu adalah upaya petinggi UN saja yang menjadikan BTS sosok perwakilan generasi muda.

Saya lebih sepakat dengan suaramilenial.id sebagai platform yang menyajikan gagasan-gagasan daripada harus melegitimasi aspirasi ke dalam kategorisasi milenial. Karena jika melihat dari beberapa kajian yang ada, milenial itu tidak bersuara, tapi berkarya.

Sumarsono Nyambung Janji
Latest posts by Sumarsono Nyambung Janji (see all)
Ramai Dibaca Nih
Cara Minta Maaf Ke Cowok Dijamin Dimaafin
Cara Minta Maaf Ke Cowok Dijamin Dimaafin