Rincian Belanja Rumah Tangga Gaji 2 Juta

Rincian Belanja Rumah Tangga Gaji 2 Juta

Suaramilenial.id Dengan gaji 2 juta kamu tetap bisa mengatur keuangan rumah tangga tanpa perlu panik diakhir bulan. Bahkan masih bisa menabung, asal kamu tahu caranya melakukan rincian belanja bulanan rumah tangga kamu.

Kamu pasti tahu saat ini kondisi keuangan menjadi prioritas yang perlu kamu perhatikan. Pekerjaan semakin sulit, ekonomi masih merangkak, dan tentu saja kondisi pandemi yang belum berakhir. Sehingga sangat penting untuk kita membuat Rincian Belanja Rumah Tangga.

Oleh sebab itu menjadi penting untuk kita bisa mengelola berapapun uang yang kita miliki. Apakah kamu memiliki gaji 1 juta, atau gaji 2 juta, atau bahkan lebih dari 5 juta per bulan. Semua akan menjadi cukup, jika kamu tepat dan benar dalam melakukan rincian belanja rumah tangga.

Tidak sedikit loh kota-kota yang upah minimumnya masih di bawah 2 juta. Dan masih banyak orang yang pendapatan bulanannya di bawah 2 juta. Namun mereka tetap bisa mengelola keuangan dengan baik.

Nah, buat kamu yang saat ini baru memulai pekerjaan, buat kamu yang saat ini mendapatkan gaji 2 juta. Aku ada tips nih, bagaimana gaji 2 juta yang kamu miliki bisa cukup untuk kebutuhan kamu dalam satu bulan. Bahkan kamu bisa menabung untuk berbagai kebutuhan jangka panjang.

Apa saja tips dalam mengatur gaji 2 juta untuk rumah tangga? Yuk simak cara membuat rincian belanja rumah tangga gaji 2 juta berikut ini:

1. Mengatur Pengeluaran Untuk Tempat Tinggal

Mengatur Pengeluaran Untuk Tempat Tinggal Gaji 2 juta

Salah satu pengeluaran wajib yang harus kamu lakukan adalah pengeluaran untuk tempat tinggal. Ketika kamu mulai merantau, kamu membutuhkan kontrakan atau kos. Ini menjadi rincian belanja rumah tangga.

Jika kamu yang masih tinggal di rumah orangtua, tentu saja pengeluaran ini bisa kamu kesampingkan. Tapi buat kamu yang kerjanya jauh dari rumah dan terpaksa ngekos? Mau tidak mau kamu harus mengeluarkan anggaran tempat tinggal.

Jika gaji kamu sebulan 2 juta, paling tidak kamu harus cari tempat tinggal / rumah sewa dengan budget maksimal adalah 300 ribu / bulan.

Ini saatnya kamu memilih kos yang standar saja yang penting aman dan nyaman. Ketika gaji 2 juta dipotong biaya tempat tinggal Rp 300 ribu, sekarang sisa uang gaji kamu Rp 1,7 juta.

Bisa dikatakatan kebutuhan akan tempat tinggal memang menjadi salah satu yang terbesar dan menyerap banyak anggaran. Bisa saja kamu butuh tempat tinggal yang cukup luas, bisa di angka 500 – 1 juta / bulan.

Karenanya, kamu harus pintar dalam menentukan tempat tinggal. Jangan sampai gaji 2 juta kamu habis hanya untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal.

Buat kamu yang sudah menikah, tempat tinggal tentu saja menjadi prioritas. Kamu bisa mulai memikirkan berapa anggaran untuk mulai membangun rumah, atau melakukan KPR rumah.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai program yang ada. Pemerintah misalnya telah memiliki KPR Rumah Rakyat yang mana terjangkau dari sisi angsuran dan uang muka.

Adanya KPR murah jangan kamu sia-siakan. Kenapa? Karena harga rumah terus meningkat dari waktu ke waktu. Jadi tidak ada salahnya kamu mulai memikirkan rumah impian kamu dari sekarang!

2. Merinci Pengeluaran Untuk Konsumsi

Hemat Gaji 2 juta Dengan Masak Sendiri dan Membuat Bekal Makan

Kebutuhan makan sehari-hari tentu tidak dapat tergantikan. Kamu butuh makan agar bisa bekerja, agar tetap sehat. Nah, jadi bagaimana agar gaji 2 juta kamu tetap cukup untuk berbagai kebutuhan, dan konsumsi kamu tetap aman?

Kembali pada kata prioritas. Sebenarnya manusia hanya membutuhkan makan 3 kali sehari; pagi, siang, dan sore/malam. Ini juga makanan yang dibutuhkan tidak harus mewah atau enak. Namun makanan yang sehat dan bergizi.

Jadi kata kuncinya, ya ketika kamu memiliki gaji 2 juta, kamu harus bisa memikirkan ulang apa yang akan kamu konsumsi. Apakah kamu mengonsumsi untuk kebutuhan tubuh, atau hanya keinginan lidah.

Untuk urusan makan ini akan lebih baik jika kamu bisa memasak sendiri. Kamu bisa membeli bahan makanan di pasar. Ini selain akan menjadikan kamu lebih hemat secara keuangan. Juga akan menjadikan kamu pribadi yang lebih baik.

Apa hubungannya memasak dengan menjadi pribadi yang lebih baik? Ada dong! Jika kamu sudah biasa memasak. Maka kamu akan terbiasa bangun pagi, kamu akan terbiasa berbelanja, bertemu banyak orang baru, kamu terbiasa memilih bahan makanan sehat sesuai kebutuhan tubuh kamu.

Dan semua kebiasaan baik dari memasak ini, akan menjadi kebiasaan untuk kamu. Nah, berapa yang bisa kamu anggarkan untuk kebutuhan masak sehari-hari? Kamu bisa mengangarkan pada angka 15-25 ribu sehari untu satu orang. Ini sudah sangat cukup. Namun kamu perlu cek juga berapa harga rata-rata bahan makanan di daerah kamu.

Dengan sisa gaji 1 Juta 700 ribu sekarang kamu harus bisa mencukupi kebutuhan makan dalam sebulan. Dengan asumsi 15 ribu perhari maka dalam perbulan kamu perlu anggaran untuk konsumsi ini sebesar 450 ribu. Gaji 2 juta kamu kini tinggal 1 juta 250 ribu.

3. Mengatur Kebutuhan Transportasi

Mengatur Kebutuhan Transportasi Gaji 2 Juta dalam Rincian Belanja Rumah Tangga

Apakah kamu memiliki kendaraan sendiri? Berapa kebutuhan bulanan yang kamu habiskan untuk membeli BBM? Berapa kebutuhan untuk melakukan perawatan kendaraan? Ini harus kamu dapatkan jawabannya.

Jika kamu menggunakan kendaraan sendiri untuk kebutuhan transportasi. Mungkin saja kamu bisa lebih hemat, namun sebaliknya bisa lebih boros. Mengapa? Karena dengan adanya kendaraan kamu jadi ingin terus-terusan berpergian.

Sercara normal misalnya, jika sebulan kamu perlu menyisihkan setidaknya 250 ribu untuk kebutuhan BBM kendaraan kamu. Ini belum lagi jika terjadi kebutuhan perawatan ya.

Buat kamu yang kos dan tidak memiliki kendaraan. Kamu bisa hemat biaya transfortasi dengan cara mencari jarak antara kostan dan kantor yang tidak terlalu jauh, kamu bisa jalan kaki atau naik sepeda.

Jadi, keuangan kamu yang sisa 1 Juta 250 ribu, kini dikurangi biaya transportasi 250 ribu. Sisa gaji kamu 2 juta per bulan adalah 1 juta rupiah. Ini masih akan berkurang lagi dengan kebutuhan lainnya.

4. Membuat Rencana Tabungan Rutin

Menabung Di Awal Bulan

Sekarang keuangan kamu dari hgaji 2 juta perbulan tinggal sisa 1 juta. Setelah di potong untuk kebutuhan tempat tinggal, makan, dan transportasi. Nah, dari satu juta ini apa yang akan kamu lakukan selanjutnya?

Kamu harus mulai membuat perencanaan tabungan rutin. Ini menjadi sangat penting. Jika tidak, ya sisa uang gajian kamu akan tergerus untuk kebutuhan lain. Paling umum adalah untuk kebutuhan hiburan.

Jika kamu tidak memiliki tekad dan kemauan kuat untuk menabung. Ya mustahil berbagai impian kamu bisa tercapai dengan gaji kamu saat ini. Jadi semua kembali ke kamu. Jangan sampai kamu kerja tidak membuahkan hasil.

Kamu masih memiliki uang 1 Juta. Kamu bisa menabung ini dengan anggaran khusus misalnya 500 ribu setiap bulannya. Yang mana tabungan ini bisa kamu masukkan ke Bank, bisa untuk tabungan berjangka.

Selain tabungan tetap sebesar 500 ribu. Kamu juga perlu untuk membuat tabungan dana darurat. Apa fungsinya? tabungan dana darurat ini bisa kamu gunakan dalam situasi mendesak, misal sakit, atau kebutuhan lain yang tidak bisa kamu tunda.

Berapa anggaran untuk kebutuhan tabungan dana darurat ini? Sisa uang kamu masih 500 ribu, kamu bisa sisihkan 300 ribu untuk kebutuhan dana darurat ini. Jadi saat ini kamu masih memiliki sisa gaji 2 juta kamu sebesar 200 ribu.

5. Mengatur Pengeluaran Hiburan

Mengatur Pengeluaran Hiburan dengan Rincian Belanja Rumah Tangga

Nah, saat ini sisa uang yang kamu miliki adalah 200 ribu. Kamu bisa gunakan uang ini untuk kebutuhan hiburan kamu. Misalnya untuk kebutuhan paket data internet. Untuk membeli barang / pergi makan di luar sesekali.

Dari uang sisa ini kamu juga bisa anggarkan untuk pembelian produk yang kamu ingin. Misal beli baju baru, dll. Karena jumlahnya terbatas 200 ribu, jadi kalau kamu butuh uang lebih, kamu harus menunda agar bisa membelinya bulan depan. Dengan cara menabung 200 ribu yang sekarang untuk bulan depan.

Semua kembali ke kamu. Jika kamu sudah disiplin keuangan. Maka bukan hal yang sulit agar kamu bisa  mengelola dengan baik gaji 2 juta kamu. Nyatanya dengan panduan ini saja kamu sudah dapat gambaran bagaimana Rincian Belanja Rumah Tangga Gaji 2 Juta.

Dari 5 cara di atas, mungkin kamu sudah menerapkan sebagian cara mengatur gaji 2 juta untuk rumah tangga kamu. Pada intinya, berapa pun gaji yang kamu miliki, selama kamu melakukan pengelolaan keuangan yang benar, maka rencana keuangan kamu akan berjalan dengan baik.

Demikian pembahasan cerdas finansial kali ini mengenai Rincian Belanja Rumah Tangga Gaji 2 Juta. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan memberikan gambaran pengelolaan keuangan kamu. Terima kasih telah membaca. Salam.

Ramai Dibaca Nih
Cara Mengatur Keuangan Keluarga Muda
Cara Mengatur Keuangan Keluarga Muda