Polemik Bahasa Yang Digunakan Adam Dan Hawa

Polemik Bahasa Yang Digunakan Adam Dan Hawa

Bahas bahasa adalah konten yang menjelaskan tentang kehidupan bahasa yang ada di sekeliling manusia sebagai penuturnya. Video awal bahas bahasa ini mengangkat tentang isu awal mula bahasa yang ada di muka bumi ini apa?

Ada banyak sekali pendapat dan teori yang menjelaskan tentang bahasa pertama yang digunakan manusia di muka bumi ini. Pada abad ke-17 misalnya, ada seorang filolog atau ahli manuskrip berargumentasi bahwa menurut hasil penelusuran yang dia lakukan terhadap bahasa pertama yang dipakai manusia cukup menjadi kontroversi.

Dia beranggapan bahwa di Taman Eden atau surga menggunakan bahasa Swedia untuk media berkomunikasi, tetapi saat itu Adam tidak berbahasa Swedia melainkan dia berbahasa Denmark. Bahkan, di Taman Eden juga ada seorang pembantu yang melayani siapa saja dengan bahasa Perancis.

Pernyataan filolog tersebut menuai kontroversi besar karena dianggap sarat akan kebanggaannya dengan bahasa Swedia. Namun, lain halnya dengan mitos Menara Babil yang mengisahkan bagaimana bahasa yang digunakan sejak Adam sampai raja Namrud hanya satu bahasa (tidak disebutkan bahasa apa itu -red). Saat itu raja Namrud punya proyek besar membangun Menara yang menghubungkan bumi dengan surga agar bisa menuju Taman Eden impian yang diimpikannya.

Mendengar motif manusia yang diinisiasi oleh raja Namrud tersebut Tuhan kemudian murka. Ia tidak mau ada manusia yang bisa pergi ke surga seenaknya. Kemurkaan Tuhan pada perilaku tersebut dengan menciptakan beraneka bahasa yang kemudian menjadi ujaran para pekerja proyek.

Mengingat setiap pekerja proyek Menara memiliki bahasa yang berbeda akhirnya tidak ada komunikasi saling dimengerti satu sama lain. Pada akhirnya, proyek Menara menuju surga itu pun sirna akibat banyak bahasa yang muncul.

Tidak hanya dua asumsi itu saja. Ada satu pandangan dari beberapa kelompok yang menganggap bahwa teori filolog Swedia dan mitos proyek Menara adalah bohong. Kelompok ini menganggap bahasa pertama yang dikuasai manusia sebenarnya adalah bahasa Ibrani. Hal ini berdasar pada penciptaan manusia pertama kali adalah Adam dan Hawa.

Mereka berdua adalah manusia pertama dan menjadi nenek moyang bagi seluruh umat manusia di muka bumi. Faktanya, kisah Adam dan Hawa pertama kali dikisahkan dalam bentuk tulisan ibrani yang ada pada kitab Taurat dan Injil sehingga kelompok ini berasumsi bahwa bahasa pertama kali umat manusia adalah bahasa Ibrani.

Melihat kelompok penganut kepercayaan bahwa bahasa pertama adalah bahasa Ibrani ditolak mentah-mentah oleh para antropolog pada masa itu. Para antropolog menyangsikan bahwa bahasa Ibrani adalah bahasa yang pertama meskipun kisah Adam dan Hawa memang dituliskan dalam kitab Taurat dan Injil dengan bahasa Ibrani.

Para antropolog tersebut kemudian memberikan ilustrasi bahwa tidak ada bahasa di dunia ini yang mampu statis dan utuh. Sederhananya, saya bisa ilustrasikan pada kasus kosakata sarjana yang dulunya berarti ‘orang pintar’ tetapi saat ini hanya diartikan sebagai ‘seorang lulusan perguruan tinggi’.

Dengan kata lain, banyaknya teori tentang kemunculan bahasa pertama kali di muka bumi ini masih menjadi suatu misteri meskipun ada beberapa pandangan para ahli bahasa yang cukup relevan bisa dipercayai terkait dengan bahasa pertama manusia.

Dalam video bahas bahasa tentang awal mula bahasa di muka bumi juga memberikan beberapa ilustrasi terkait bagaimana para pendahulu sudah melakukan penelitian kebahasaan dengan cara yang unik-unik. Bahkan, ilustrasi tentang fenomena jamet “Jawa Metal” pun menjadi bahan untuk diperbincangkan untuk melihat bagaimana proses suatu bahasa ini tercipta.

Selengkapnya, simak dalam video berikut!

Ramai Dibaca Nih
Pancasila, Pandemi, dan Jawa Tengah
Pancasila, Pandemi, dan Jawa Tengah