Peran Universitas Gunadarma pada Asean Robotic Day 2021

Peran Universitas Gunadarma pada Asean Robotic Day 2021

Suaramilenial.id Sebagai perguruan tinggi yang memiliki motto “Coloring The Global Future”, Universitas Gunadarma atau biasa disingkat sebagai UG selalu konsisten memberikan bantuan dan dukungan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya yang dilakukan di tahun ini yaitu memberikan bantuan dan dukungan kepada program Asean Robotic Day 2021. 

Asean Robotic Day 2021 merupakan ajang kompetisi robotik untuk jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, serta jenjang lainnya yang setara, baik di tingkat nasional maupun tingkat regional Asean. Program ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dan untuk tahun ini, tuan rumah dari acara tersebut yaitu SMA Negeri 28 Jakarta. 

Program ini memiliki tujuan untuk menguatkan daya saing para pegiat robotika di Indonesia melalui kompetisi robotika dengan negara-negara lain di wilayah ASEAN. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, terutama robotika sejak dini.

Pihak penyelenggara Asean Robotic Day berharap agar Indonesia dapat menjadi mercusuar pengembangan ilmu dan teknologi di ASEAN, salah satu caranya yaitu dengan mengadakan kompetisi seperti ini. Pada program ini, peserta tidak hanya berlomba, namun peserta juga diberikan pembinaan dan pelatihan robotika sebelum kompetisi dimulai.

Dengan berlangsungnya Asean Robotic Day 2021 yang juga melibatkan sekolah lain di tingkat internasional ini, diharapkan mampu terjalin komunikasi dan kolaborasi antara pihak-pihak yang terlibat dan mampu melahirkan inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi, utamanya di bidang robotik.

Universitas Gunadarma sebagai universitas yang terkenal di bidang teknologi informasi dan komunikasi, melihat program ini sebagai suatu kegiatan yang berpotensi besar untuk menarik minat dan bakat siswa dalam bidang robotik.

Apabila minat dan bakat ini dipelihara dengan baik, maka, bukan tidak mungkin siswa-siswi tersebut akan tertarik untuk mengembangkan terus kemampuan mereka di bidang robotik sampai di bangku perkuliahan. 

Siswa-siswi ini kemudian dapat memilih Gunadarma sebagai perguruan tinggi yang dapat menunjang keinginan mereka dalam mengembangkan kemampuan di bidang robotik maupun di bidang teknologi informasi dan komunikasi secara umum.

Oleh karena itu, merupakan hal yang wajar apabila pihak kampus UG turut memberikan bantuan dan dukungan pada ajang Asean Robotic Day ini, mengingat bidang yang ditekuni kedua belah pihak sama-sama di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Didin Mukodim, selaku Wakil Rektor 4 UG menyatakan keyakinannya bahwa dengan adanya bantuan dan dukungan dari perguruan tinggi di bidang robotik seperti ini, dapat membuat sekolah-sekolah lain percaya diri dalam membangun kegiatan ekstrakurikuler di bidang robotik bagi siswa-siswinya.

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler di bidang robotik di tingkat sekolah, diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang memiliki kemampuan dan keahlian di bidang robotik sejak dini. Hal ini tentunya juga akan membawa manfaat bagi kemaslahatan masyarakat luas di masa mendatang.

Asean Robotic Day sendiri pertama kali diadakan pada tahun 2007. Kemudian sejak saat itu, Asean Robotic Day rutin diadakan setiap satu tahun sekali. Namun, sejak tahun 2013 diterapkan perubahan terhadap pelaksanaan program ini menjadi setiap dua tahun sekali. 

Logo Asean Robotic Day 2021

Tahun ini merupakan pertama kalinya Asean Robotic Day diadakan di tengah masa pandemi. Tetapi, meskipun di tengah pandemi, para peserta tetap memiliki semangat yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pada program ini. Tema yang diangkat pun juga berhubungan erat dengan bidang kesehatan, yaitu “Technology That Influences Today’s Health”.

Dengan tema tersebut, diharapkan para peserta yang terdiri dari siswa-siswi sekolah dasar dan menengah dapat terlatih sejak dini untuk menemukan gagasan dan menciptakan terobosan baru di bidang teknologi yang nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bidang kesehatan.

Anies Baswedan, Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta, turut memberikan sambutan atas dilaksanakannya kegiatan ini. Dalam sambutannya, Anies Baswedan menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan acara ini.

Beliau mengatakan bahwa melalui Asean Robotic Day, peserta bisa mendapatkan pembelajaran yang melibatkan begitu banyak unsur. Unsur-unsur tersebut antara lain kemampuan untuk berpikir logis, berpikir sistematis, berpikir runtut, keterampilan tangan, pemahaman tentang teknologi, dan lain sebagainya.

Anies Baswedan juga menyampaikan harapannya agar SMA Negeri 28 beserta kegiatannya dalam bidang robotik termasuk ajang Asean Robotic Day ini bisa semakin maju ke depannya. Beliau juga berharap agar anak-anak yang terlibat dalam ajang ini nantinya akan tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang turut memanfaatkan teknologi demi kemaslahatan masyarakat luas. 

Universitas Gunadarma tentunya tidak hanya memberikan dukungannya kepada Asean Robotic Day saja. Sebagai kampus yang menjunjung tinggi kemajuan di bidang IT, UG juga akan terus melebarkan sayap dan turut memberikan dukungannya terhadap inovasi-inovasi lain di bidang IT di masa yang akan mendatang.

Ramai Dibaca Nih
Program Beasiswa Smart Agro Beasiswa Untuk SMA
Pendaftaran Beasiswa SMART Agro 2021