Lima Keahlian Lelaki Yang Wajib Dikuasai Para Suami

Lima Keahlian Lelaki Yang Wajib Dikuasai Para Suami

Lima Keahlian Lelaki Yang Wajib Dikuasai Para Suami. Kemampuan wajib lelaki sebenarnya tidak hanya melulu seputar mencari nafkah untuk keluarga. Tidak lagi ahli bela diri, lelaki era masa kini harus memiliki kemampuan fundamental. Dengan kata lain, kemampuan fundamental ini meliputi hal-hal yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Zaman dulu, Barry Prima, Rhoma Irama, sampai Primus Yustisio adalah sosok lelaki ideal yang menjadi role model kaum lelaki. Mungkin zaman dulu konsep tentang maskulinitas dicitrakan di televisi dalam wujud lelaki kekar dan ahli bela diri. Namun, sejak zaman dulu juga sebenarnya ada citra lelaki ideal yang tidak pernah ditampilkan di layar televisi.

Ada lima hal yang perlu kalian miliki sebagai sosok lelaki ideal. Jika kalian sudah memiliki kelima hal ini, kalian sudah layak disebut sebagai lelaki yang ideal dan seutuhnya. Berikut adalah kelima kemampuan wajib lelaki yang harus dimiliki sebagai suatu yang fundmental. Tapi, jangan sampai kalian menunjukkan kemampuan nomor lima kepada pasangan kalian.

1. Keahlian Lelaki Di Bidang Otomotif

Man Changing a Rear Tire of a Motor Scooter
Artem Beliaikin

Keahlian wajib lelaki yang harus dimiliki pertama kali adalah ilmu tentang otomotif. Ilmu ini sangat diperlukan oleh para lelaki. Seorang lelaki harus bisa memahami otomotif. Kemampuan ini termasuk hal yang fundamental. Mas-mas semua yang belum menikah pun harus punya kemampuan ini.

Kalian tidak perlu menekuni secara mendalam tentang otomotif jika bukan hobi kalian. Tapi, kalian tetap harus memahami otomotif yang dasar. Ilmu ini untuk menghindarkan kalian dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti motor tidak bisa distarter, busi berkarat, aki soak, dan sebagainya.

Kalian juga bisa menggunakan kemampuan wajib lelaki ini untuk mengetahui kapan saatnya service kendaraan. Bagi bapak-bapak, service kendaraan adalah jatah wajib. Hampir semua istri selalu memasrahkan jatah service kendaraan ini kepada suaminya. Dengan kata lain, kemampuan ini adalah salah satu keahlian yang melekat dengan lelaki.

2. Keahlian Pertukangan

Man Holding Wooden Stick While Drilling Hole
Thijs van der Weide

Kemampuan ini juga wajib dimiliki oleh semua lelaki. Saya katakan wajib karena dunia pertukangan hanya melekat pada lelaki. Kenapa? Hal ini karena semua tukang bangunan yang ada di Indonesia ini adalah lelaki. Tidak ada satu pun perempuan di Indonesia yang menjadi tukang.

Jikalau ada perempuan, pastinya dia bukanlah tukangnya tetapi laden tukang atau arsiteknya. Jadi, ilmu pertukangan ini sangat lekat dengan lelaki. Meski demikian, kalian juga tidak perlu harus belajar mengaduk semen, memasang batu bata, atau bahkan membangun rumah sendiri.

Ilmu pertukangan ini hanya perlu kalian terapkan saat ada beberapa hal yang perlu dibenahi di rumah. Khususnya bapak-bapak, sering kali rumah mengalami kebocoran, keran mampet, keramik rusak, dan hal-hal sepele lainnya. Jangan sampai bapak-bapak terlalu tergantung dengan tukang karena saat ini mencari jasa tukang itu sulit.

Selain itu, kemampuan wajib lelaki dalam ilmu pertukangan juga bisa kalian terapkan untuk menentukan biaya jasa renovasi rumah. Jangan sampai bapak-bapak semua mengeluarkan banyak uang hanya untuk renovasi kecil yang bisa ditangani sendiri, seperti mengganti keran air yang rusak.

3. Keahlian Lelaki Di Bidang Kelistrikan

Close-up of Telephone Booth
https://www.pexels.com/@pixabay

Selain ilmu pertukangan, ilmu kelistrikan ini perlu kalian miliki sebagai sosok lelananging jagad. Jangan sampai kalian sebagai manusia, khususnya lelaki, selalu tergantung dengan orang lain. Termasuk di dalamnya tergantung mengurusi kelistrikan rumah.

Tidak semua kelistrikan dalam rumah tangga itu kompleks. Ada banyak masalah sepele terjadi dalam kelistrikan rumah tangga, seperti mengganti lampu mati, memasang sekring, dan membuat rol kabel. Sangat tidak maskulin jika seorang lelaki tidak tahu cara memasang lampu atau membuat rol kabel.

Memang, rol kabel bisa beli agar mudah. Tapi, jika kalian tidak mengasah ilmu ini kalian akan terjebak dalam meningkatkan kemampuan wajib lelaki ini. Hal yang kalian perlukan hanyalah memahami ilmu fisika SMP, yaitu memahami kutub positif dan negatif dalam kelistrikan agar tidak kesetrum.

4. Keahlian Memasak

Man Cooking Food
Creative Vix

Memasak menjadi salah satu keahlian wajib dari seorang lelaki. Mungkin, bapak-bapak semua sudah dimasakkan oleh istri setiap hari. Para mas-mas semua juga sudah dimasakkan oleh ibunya masing-masing. Tapi, bagaimana jika suatu saat kalian sedang sendiri di rumah. Mau GoFood juga belum tentu ada.

Kalian jangan pikir harus bisa memasak layaknya Chef Juna atau Chef Arnold. Kalian tidak perlu menjadi chef untuk menguasai kemampuan wajib lelaki ini. Kalian hanya cukup mampu menanak nasi, memasak air, dan menggoreng lauk. Itu adalah kemampuan dasar yang wajib dimiliki. Setidaknya kemampuan dasar itu akan membuatmu bertahan hidup saat ditinggal perempuan.

Tapi, para bapak-bapak yang memiliki anak kecil harus lebih mengasah kemampuan memasaknya. Hal ini untuk menghindari anak rewel sulit makan karena alergi ataupun bosan. Bapak-bapak yang memiliki balita mungkin juga harus bisa menguasai cara membuat MPASI untuk anaknya.

5. Keahlian Lelaki Untuk Berkelit

Cheerful family drinking tea at home
https://www.pexels.com/@elly-fairytale

Ini adalah ilmu andalah yang wajib dimiliki oleh semua lelaki. Ilmu berkelit ini bagian paling penting dalam menjalani hidup lebih mudah. Hal ini karena kalian adalah kepala keluarga yang menanggung banyak beban. Beban mencari nafkah, menjaga keharmonisan pasutri, dan menjaga hubungan dengan keluarga istri.

Ilmu berkelit ini adalah salah satu cara untuk memainkan peranmu sebagai lelaki yang hebat. Saat kamu disibukkan dengan banyaknya kegiatan kantor selama sepekan, pastilah kamu ingin istirahat di weekend. Sayangnya keluarga besar istri mengajak keluargamu untuk ikut acara kumpul-kumpul keluarga.

Ilmu ini bisa kalian gunakan untuk menghindari acara keluarga yang tidak penting-penting amat. Dengan kata lain, kalian bisa istirahat di weekend secara leluasa. Namun, ilmu ini penuh resiko jika kalian tidak bisa mengimplementasikannya dengan baik dan benar. Oleh karena itu, ilmu ini perlu dilatih.

Parenting Milenial adalah rubrik khusus membahas seputar parenting dan keluarga milenial, kerja sama suaramilenia.id bersama imaos.id. Bagi kamu yang memiliki pengalaman seputar parenting dan keluarga milenial, boleh banget kirim pengalaman kamu ke sapasuaramilenial@gmail.com

Latest posts by Suara Milenial (see all)
More Stories
Beasiswa Seni
Beasiswa K’ARTS untuk S1 dan S2 di Korea