Kuliah di Jurusan Teknik Informatika

Ingin Kuliah di Jurusan Teknik Informatika? Yuk Ketahui Ini Dulu!

Suaramilenial.id Jurusan teknik informatika menjadi salah satu program studi yang paling diminati oleh calon mahasiswa baru. Didukung dengan kemajuan teknologi dan industri yang terus berkembang, lulusan teknik informatika memiliki prospek kerja yang bagus.

Ada berbagai pekerjaan di bidang IT yang dapat diambil oleh sarjana teknik informatika mulai dari Software Engineer, Web Developer, System Analyst, Game Developer, hingga IT Consultant. Selain itu, peluang kerja lulusan teknik informatika juga masih banyak bahkan hampir tidak ada habisnya.

Dan yang paling penting, pekerjaan di bidang IT menawarkan gaji yang sangat menggiurkan. Tak heran, banyak orang yang tertarik pada profesi yang berhubungan dengan teknologi. Tentunya ini sebanding dengan tingkat kesulitan dan tanggung jawab mereka dalam pekerjaan.

Keahlian yang Harus Dimiliki Mahasiswa Teknik Informatika

Bekerja di bidang IT membutuhkan keterampilan dan kualitas, pelatihan, dan tingkat pendidikan formal tertentu agar bisa bekerja dengan baik. Seorang sarjana teknik informatika mungkin akan bekerja di lingkungan yang berbeda seperti bisnis, perusahaan, industri, sekolah, perguruan tinggi, dan sebagainya.

Jika kamu tertarik berkarir di bidang IT, kamu bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan teknik informatika. Nah, berikut ini adalah beberapa skill yang harus kamu miliki:

1. Memahami Matematika

Memahami Matematika mungkin menjadi skill dasar yang harus kamu kuasai. Hal ini karena kamu akan menjumpai banyak matematika dalam penerapan ilmu komputer. Kemudian kamu diminta menggunakan pengetahuan matematika untuk menyelesaikan masalah kehidupan nyata melalui komputer.

Beberapa orang percaya bahwa matematika penting bagi mahasiswa di jurusan teknik informatika. Namun, sebagian lainnya melihat Matematika sebagai subjek yang hanya menambah sedikit nilai dalam penerapan ilmu komputer.

2. Coding dan Pemrograman

Pengetahuan dasar tentang pemrograman dan penulisan kode sangat penting untuk dipelajari. Kamu diharapkan bisa menguasai berbagai macam bahasa pemrograman seperti JavaScript, Python, C #, dan sebagainya.

Ada banyak cara berbeda untuk meningkatkan keterampilan pengkodean, kamu bisa memulainya kapan saja. Selain saat kuliah, kamu juga dapat belajar secara otodidak misalnya dengan menyelesaikan tantangan pemrograman secara online.

3. Mengetahui Kriptografi

Berbicara tentang pengkodean aman, teknik keamanan umum, dan metode seringkali melibatkan kriptografi. Kriptografi adalah ilmu yang bertujuan untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi.

Baik itu pengkodean, hashing, atau enkripsi, kriptografi adalah hal yang perlu dipelajari oleh mahasiswa di jurusan teknik informatika. Membaca buku atau mencari referensi bisa membantu pembelajaran dan pemahaman kamu tentang kriptografi.

Selain itu, cara ini juga bisa membantu menerapkan kriptografi dan meningkatkan kemahiran kamu secara efektif.

4. Pengetahuan Database

Setelah lulus dari kuliah nanti, mungkin kamu akan bertemu pekerjaan yang berhubungan dengan database. Terlepas dari peran apa yang kamu ambil dalam teknik komputer, kamu akan menemukan database.

Baik itu database SQL atau NoSQL, mengetahui cara membuat kueri dan menyimpan data besar secara efektif sangatlah penting. Misalnya, kamu akan diminta menyusun dan memprogram kueri sendiri untuk mengurai melalui data.

5. Mampu Berpikir Kreatif

Sebagai mahasiswa teknik informatika, kamu diharapkan mampu berpikir kreatif. Memiliki kreativitas menjadi hal yang harus kamu miliki. Adakalanya kamu diminta untuk memecahkan masalah teknis sehingga kamu perlu berpikir dengan cara yang berbeda.

Yang dimaksud disini adalah menerapkan pemikiran kreatif agar kamu bisa berpikir logis dan mampu memecahkan masalah. Seperti yang diketahui, masalah perangkat lunak dapat muncul dari kesalahan terkecil sekalipun. Akibatnya, kamu bisa saja menghabiskan sebagian besar waktu untuk men-debug daripada menulis kode.

Oleh karena itu, kemampuan untuk tidak hanya menunjukkan masalah perangkat lunak tetapi juga menggunakan penalaran deduktif untuk memecahkan masalah sangat penting.

6. Mampu Mengoperasikan Komputer

Mampu mengoperasikan komputer dengan baik menjadi hal wajib yang harus kamu kuasai, apalagi pekerjaan kamu nantinya akan selalu melibatkan komputer.

Kamu seharusnya memahami cara mengoperasikan komputer tidak hanya pada komputer Windows, tetapi juga Mac dan semua komputer yang menjalankan Open-Source (OS) seperti Linux.

7. Keterampilan Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan termasuk di dunia kerja. Pekerjaan di bidang IT seringkali melibatkan komunikasi dan menuntut kamu untuk mampu bekerja bersama tim.

Di dunia kerja, kamu harus bisa berkomunikasi secara efektif dengan klien seperti memahami kebutuhan mereka, mengelola ekspektasi pemangku kepentingan, menjelaskan penghambat jalan, atau bahkan menulis laporan. Semua ini adalah komunikasi mendasar yang kamu butuhkan untuk unggul dalam karir kamu nanti.

Sebelum masuk ke dunia kerja, kamu bisa mempelajarinya saat kuliah. Ya, misalnya dengan belajar berkomunikasi atau memperbanyak bersosialisasi dengan sesama mahasiswa di kampus.

Nah, itulah informasi mengenai skill apa saja sih yang harus dimiliki calon mahasiswa di jurusan teknik informatika. Setelah menentukan jurusan yang kamu pilih, ada baiknya juga menentukan universitas yang tepat untuk melanjutkan studi.

Salah satu kampus terbaik untuk jurusan teknik informatika adalah Universitas Gunadarma. PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang sudah berdiri sejak 1981 ini terkenal dengan kualitas pendidikannya yang bagus terutama di bidang teknologinya. Jadi, tidak salah jika kamu menjatuhkan pilihan pada Universitas Gunadarma.

Demikian pembahasan kali ini mengenai kuliah di jurusan teknik informatika semoga bermanfaat, dan untuk kamu yang sedang mencari beasiswa dapat menuju informasi beasiswa lengkap: Info Beasiswa Terbaru. Kampus apa pun yang menjadi tujuan kamu, semoga kamu dimudahkan. Terima kasih, salam suara milenial.

Ramai Dibaca Nih
Pendaftaran Beasiswa LPDP PTUD 2020
Pendaftaran Beasiswa LPDP PTUD 2020