Surat rekomendasi beasiswa

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Suaramilenial.id Buat kamu yang sedang mencari atau akan mendaftar beasiswa, biasanya ada syarat berupa surat rekomendasi. Nah, kamu bisa membuat surat ini, tenang di artikel ini kamu akan menemukan seperti apa contoh surat rekomendasi beasiswa.

Pada umumnya, surat rekomendasi beasiswa ini akan sangat diperlukan utamanya bagi kamu yang mendaftar beasiswa luar negeri. Dalam persyaratan sudah termuat form aplikasi beasiswa, yang mana diwajibkan untuk melampirkan surat rekomendasi.

Apa Itu Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi atau letter of recommendation menurut Erny Murniasih dalam bukunya Buku Pintar Beasiswa (2009: 140) adalah surat yang menggambarkan siapa dirimu, apa kompetensi yang kamu miliki, dan seberapa besar penilaian si pemberi referensi terhadap potensi yang kamu miliki tersebut, yang dideskripsikan secara objektif.

Jadi intinya adalah seseorang memberikan referensi atas orang lain. Misalnya, kamu sebagai mahasiswa akan mendapatkan referensi dari dosen kamu untuk mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan. Atau mendapat rekomendasi dari pihak-pihak lain sesuai persyaratan yang menjadi kebutuhan dalam beasiswa yang kamu tuju.

Jenis Surat Rekomendasi

Bicara surat rekomendasi ada banyak! Ada yang namanya surat rekomendasi employment recommendation, academic recommendation, dan character reference. Apa sih yang menjadi perbedaan dari ketiga surat rekomendasi ini?

  1. Employment recommendation adalah surat rekomendasi yang diberikan oleh atasan atau supervisor.
  2. Academic recommendation adalah surat rekomendasi yang diberikan oleh guru atau dosen.
  3. Character reference adalah surat rekomendasi yang biasanya diberikan oleh individu tertentu bisa tokoh terkenal, teman, atau kerabat terdekat.

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa 01
Saya yang bertandatangan:
Nama : (nama dosen atau atasan kamu)
Jabatan : (sebutkan jabatannya)
Jurusan / Institusi :
Fakultas :
Universitas :
Address :

Saya merekomendasikan mahasiswa kami, (di sini tulis nama kamu dalam huruf cetak tebal), untuk mendapatkan program beasiswa…di…Oleh karena itu, saya mengharapkan dia menjadi salah satu penerima beasiswa dari… demi keberhasilan dalam studi / penelitiannya sehingga apa yang dia dapatkan dari hasil studi / penelitiannya tersebut dapat bermanfaat di masa depan untuk almamater khususnya dan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya.

Dengan hormat,
(tanda tangan dosen/atasan kamu di sini)
Nama Lengkap
NIP
Contact number
Email

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa 02

Saya yang bertandatangan:

Nama                           : . . . . . . . . . . . . . . . . . (nama dosen atau atasan kamu)

Jabatan                        : . . . . . . . . . . . . . . . . . (sebutkan jabatannya)

Jurusan / Institusi        : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Fakultas                       : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Universitast                 : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Address                       : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Saya merekomendasikan mahasiswa kami, (di sini tulis nama kamu dalam huruf cetak tebal), untuk mendapatkan program beasiswa . . . . . . . . . . . . . di. . . . . . . . . . . . . Oleh karena itu, saya mengharapkan dia menjadi salah satu penerima beasiswa dari . . . . . . . . . . . . . demi keberhasilan dalam studi / penelitiannya sehingga apa yang dia dapatkan dari hasil studi / penelitiannya tersebut dapat bermanfaat di masa depan untuk almamater khususnya dan untuk masyarakat Indonesia pada umumnya.

Dengan hormat,

(tanda tangan dosen/atasan kamu di sini)
Bapak/Ibu. . . . . . . . .
NIP:
Contact number:
email:

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Dalam Bahasa Inggris

LETTER OF RECOMMENDATION

I, the undersigned:

Name               : . . . . . . . . . . . . . . . . . (nama dosen atau atasan kamu)

Position           : . . . . . . . . . . . . . . . . . (sebutkan jabatannya)

Department/Institution: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Campus/Office: Faculty of . . . . . University of . . .

Address : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

I am to recommend our student, (di sini tulis nama kamu dalam huruf cetak tebal), to pursue a . . . . . . . . . . . . . scholarship program in . . . . . . . . . . . . .  Therefore I would like her to be granted the scholarship by the . . . . . . . . . . . . .  in order to be succeed in her study/research and so that she will apply the outcome of the study/research for her almamater in particular and people of Indonesia in general in the future.

Yours sincerely,

(tanda tangan dosen/atasan kamu di sini)
Mr./Mrs. . . . . . . . .
NIP:
Contact number:
email:

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi

Bagaimana cara agar kamu bisa mendapatkan surat rekomendasi dari orang lain? Jika dalam hal ini yang kamu butuhkan adalah dosen, maka kalian harus menghubungi dosen kalian dan menyampaikan dengan baik apa tujuan kalian. Misalnya untuk kebutuhan beasiswa, jelaskan juga rencana pendidan kamu ke depan agar dosen kamu semakin yakin memberikan rekomendasi.

Jika kamu sudah memiliki dosen yang selama ini nyaman, akan tidak sulit dalam mencari atau mendapatkan surat rekomendasi beasiswa. Akan tetapi, bagi kamu yang kurang dekat, ya bisa sulit dalam mendapatkan surat ini. Jadi jalin hubungan yang baik ya sama dosen-dosen kamu.

Oh iya buat kamu yang sedang mencari beasiswa kamu bisa banget mencari info beasiswa melalui laman berikut ini: Info Beasiswa Terbaru. Di sana kamu bisa mendapatkan informasi beasiswa untuk S1, S2, S3. Beasiswa juga berasal dari dalam dan luar negeri yang bisa kamu manfaatkan.

Nah, demikian pembahasan kita kali ini mengenai Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan memberikan gambaran bagaimana cara membuat surat rekomendasi. Semangat dalam mencapai cita-cita, terima kasih. Salam. Suara Milenial!

Ramai Dibaca Nih
Beasiswa Kartu Indonesia Pintar
Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Jenjang S1 dan Profesi