Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta

Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta

Suaramilenial.id Apakah kamu memiliki penghasilan utama sebesar 3 juta? Bagaimana cara mengatur keuangan gaji 3 juta dalam kehidupan hari ini? Mari kita cari jawabannya bersama-sama.

Persoalan pendapatan memang tidak dapat disama ratakan. Bagi sebagian orang gaji 3 juta sudah lebih dari cukup, bagi sebagian yang lain baru cukup, namun juga tidak sedikit yang masih merasa kurang dengan gaji 3 juta.

Bahkan untuk mereka yang memiliki gaji 2 juta pun, ternyata bisa cukup untuk kebutuhan rumah tangga loh. Semua tergantung bagaimana cara mengaturnya. Simak artikel berikut: Cara Mengatur Gaji 2 Juta Untuk Rumah Tangga

Nah, perkara sangat cukup, cukup, dan kurang ini, perlu adanya antisipasi, yaitu dengan cara mengatur keuangan secara bijak. Karena sebesar apa pun gaji kamu, jika tidak kamu kelola dengan baik, ya bakal habis.

Itu mengapa, penting sekali bagi kamu memahami cara mengatur keuangan yang baik dan benar. Dan kamu yang masih sulit menabung, sudah saatnya kamu untuk ‘memaksa’ untuk bisa menabung secara rutin.

Jadi, bagaimana cara mengatur gaji 3 juta? Ada 5 cara yang bisa kamu lakukan agar gaji 3 juta kamu bisa tersisa dan bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan dan mimpi kamu.

1. Tentukan Impian Kamu

Tentukan Impian Kamu Untuk Bisa Kamu Penuhi Dengan Gaji 3 Juta

Apa yang menjadi rencana kamu pada tahun-tahun mendatang? Bagi kamu yang masih sendiri, misalnya kamu punya impian untuk keliling Indonesia, atau bahkan mengunjungi wisata-wisata terbaik dunia. Kamu bisa dapatkan itu dengan menabung sejak sekarang juga.

Atau misalnya kamu yang saat ini sudah ada pacar, kamu sudah memiliki rencana ke jenjang lebih serius. Maka, jadikan menikah sebagai impian kamu. Tentukan kapan waktunya, misalnya pada tahun 2023 kamu akan menikah. Lalu hitung kebutuhan kamu.

Ingat, menikah bukan perkara pesta saja, namun ada biaya yang akan kamu tanggung setelah menikah. Misalnya, biaya untuk beli atau sewa tempat tinggal. Dan berbagai biaya bulanan yang tentu saja akan berbeda dengan ketika kamu masih seorang diri.

Atau bagi kamu yang saat ini sudah menikah, mungkin kamu memiliki impian rumah idaman, atau mobil idaman. Semua bisa kamu capai, ketika kamu benar-benar meletakkan impian kamu secara serius, tentu saja lengkap dengan cara untuk meraih impian tersebut.

Maka, bagi kamu yang memiliki gaji 3 juta, cobalah untuk dari saat ini membuat impian kamu. Coba kamu tuliskan impian kamu dalam selembar kertas, lengkapi dengan gambar jika perlu. Lalu kamu foto, kamu jadikan sebagai walpaper smartphone kamu.

Kamu juga bisa menempel tulisan mengenai impian kamu di dinding kamar kamu. Usahakan tulisan tersebut dapat kamu lihat setiap waktu. Ini menjadi motivasi agar kamu bisa menyisihkan pendapatan kamu untuk mencapai tujuan atau impian kamu.

Agar lebih semangat kamu bisa loh menyertakan dengan gambar dan angka rupiah yang kamu perlukan untuk mewujudkan impian kamu tersebut. Misalnya kamu yang ingin menikah pada tahun 2023, dan kamu membutuhkan uang 50 Juta, maka kamu tinggal menghitung berapa yang bisa kamu cicil setiap bulannya.

Ini juga akan menjadikan kamu semangat mencari tambahan pendapatan loh. Ya, memang kadang motivasi yang sempurna itu datang dari diri kita sendiri. Bukan dari nasihat atau omongan orang lain saja.

2. Cara Mengatur Gaji 3 Juta: Dengan Menabung Di Awal Bulan

Menabung Di Awal Bulan

Bagaimana cara mewujudkan impian kamu?  Karena yang tahu impian kamu sebenarnya hanya kamu. Dan yang memiliki kewajiban untuk mewujudkan impian kamu, ya kamu sendiri. So, mulailah dari membuat impian, dan atur keuangan gaji kamu itu untuk mewujudkannya. Caranya, menabunglah sejak awal bulan.

Jangan lagi ada negosiasi bahwa menabung nanti saja, atau menunggu pendapatan naik. Semua harus kamu biasakan sejak awal. Jika kamu menunda, maka kamu akan terjebak pada sifat kamu sendiri, yang mana tidak ‘awas’ terhadap kebutuhan kamu.

Alih-alih memiliki tabungan untuk masa mendatang, kamu justru sibuk menghabiskan gaji 3 juta kamu untuk kebutuhan yang bisa saja tidak kamu perlukan. Misalnya, kamu justru terlalu banyak membuang anggaran untuk barang-barang yang kamu tidak butuhkan.

Atau mungkin kamu lebih banyak menghabiskan uang untuk makanan. Memang makanan penting, namun patut kamu ingat, fungsi utama dari makan adalah untuk terpenuhinya gizi dan enegri tubuh. Bukan kemudian icip sana icip sini, dan jajan sesuka hati kan?

Jadi, agar kamu bisa aman dalam keuangan kamu, tidak sia-sia pekerjaan kamu, dan gaji 3 juta kamu bisa tersisa. Cobalah untuk selalu melakukan pemotongan atas gaji kamu di awal bulan untuk tabungan kamu.

Jika memang kamu butuh paksaan dalam menyisihkan uang di awal bulan. Maka, kamu bisa menggunakan layanan perbankan seperti tabungan berjangka yang mana memiliki fitur auto debet di awal bulan sesuai tanggal yang kamu inginkan.

Ada banyak layanan tabungan berjangka di Indonesia, kamu tinggal memilih yang paling sesuai dengan profil dan tujuan keuangan kamu. Lebih lengkap kamu bisa cek dalam artikel berikut ini: Tabungan Berjangka untuk Milenial

3. Buat Catatan Keuangan Bulanan

Membuat Daftar Pengeluaran Bulanan

Masih sangat sedikit orang yang memiliki catatan keuangan, baik untuk periode harian, mingguan, bulanan atau pun tahunan. Ini tentu menjadi indikasi bahwa memang masih sangat kurang yang namanya perencanaan keuangan.

Nah, kamu jangan sampai tidak memiliki catatan keuangan bulanan. Mengapa ini penting? Karena melalui catatan keuangan bulanan inilah kamu bisa melihat pos anggaran mana yang paling banyak mengeluarkan biaya, dan pos mana yang bisa kamu hemat.

Kamu bisa memiliki rekam jejak dalam bentuk catatan pengeluaran dan pemasukan atas keuangan kamu. Ini sangat penting untuk kamu bisa memahami sebenarnya kondisi keuangan kamu seperti apa. Dan juga untuk mengetahui apa yang bisa kamu lakukan di periode selanjutnya.

Kamu bisa mencatat semua pemasukan dan pengeluaran. Kemudian kamu bisa cek dan kategorikan, mana pengeluaran yang penting, kurang penting, dan tidak penting. Kamu juga bisa mengontrol keuangan kamu dari laporan keuangan setiap bulannya.

Selain itu, catatan keuangan yang kamu buat akan membantu kamu menentukan prioritas keuangan kamu. Sehingga berapa pun uang yang kamu dapatkan dan kamu gunakan semua sudah sesuai dengan peruntukkan dan komitmen keuangan kamu.

4. Buat Skala Prioritas Keuangan

Buat Skala Prioritas Keuangan Atas Gaji 3 Juta Kamu

Tentu kamu sudah memiliki impian masa mendatang yang akan kamu dapatkan dengan melakukan simpanan keuangan mulai saat ini. Kadang, kamu punya impian lebih dari satu, dan juga punya kebutuhan bulanan yang beragam.

Maka, untuk bisa tetap berada dalam jalur yang benar dalam mengatur keuangan gaji 3 juta kamu perlu untuk membuat yang namanya skala prioritas. Sebagai contoh, sebera besar skala prioritas untuk kebutuhan nongkrong bareng teman di caffe?

Mungkin nongkrong punya skala prioritas 4 dari 5, karena dari nongkrong kamu bisa mendapatkan tawaran pekerjaan tambahan. Oke, ini bisa kita masukan ke prioritas penting, ada anggaran untuk kamu jajan di caffee demi mendapatkan tambahan pekerjaan.

Lalu, berapa besar skala prioritas jalan-jalan di akhir pekan? Ternyata kamu tidak terlalu butuh jalan-jalan. Kamu bisa menjadikan jalan-jalan dalam skala prioritas rendah yang bisa kamu ganti dari seminggu sekali jadi 3 bulan sekali.

Coba kamu cari lagi skala prioritas kamu yang lain. Misalnya kamu yang masih ada kewajiban membantu keuangan keluarga, ini juga bisa kamu buatkan skala prioritasnya. Juga kamu sandingkan dengan berbagai rencana atau impian atas keuangan kamu sendiri.

Jika ternyata menikah adalah yang paling prioritas, maka tabungan pernikahan adalah hal yang mutlak. Anggaran untuk tabungan pernikahan tidak boleh kamu gunakan untuk yang lainnya. Kamu harus konsisten dengan ini.

Kamu hanya bisa mengganti atau menggunakan pos keuangan kamu dengan skala prioritas yang kecil. Misalnya tadi pos untuk wisata. Kamu bisa alihkan untuk pos yang lebih prioritas. Namun yang sudah menjadi prioritas utama, jangan sekali-kali kamu ganggu.

5. Lakukan Secara Konsisten

Lakukan Dengan Konsisten Menjadi Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta Yang Berhasil

Tidak ada kebiasaan yang bisa terjadi dalam satu malam. Jika ada, maka itu yang kamu saksikan dalam cerita novel, cerpen, atau sinetron televisi. Kamu akan sangat kecil kemungkinan menjadi orang yang bisa seketika tahu cara mengatur keuangan gaji 3 juta dan sukses.

Ada banyak rintangan dan ujian keuangan yang akan kamu hadapi. Menjadi kunci penting dari semua ini adalah bagaimana kamu bisa konsisten dalam menjalankan upaya menyisihkan pendapatan dan mencapai impian kamu di masa mendatang.

Jadi, lakukan semua secara konsisten. Jangan pernah kamu memberi kesempatan pada keinginan atau nafsu kamu untuk menunda atau melakukan perubahan pada prioritas utama demi tujuan yang kurang prioritas atau yang sifatnya pemborosan.

Ingat, keberhasilan ada pada kemauan kamu. Ini persis dengan model mengelola keuangan dengan berbagai strategi. Kamu bisa baca dalam artikel berikut: Metode Mengatur Keuangan Yang Berhasil

Jadi apa yang menjadi impian kamu, apakah kamu ingin menikah, memiliki rumah, memiliki mobil. Dengan gaji 3  juta per bulan, tentu saja mimpi kamu bisa terlaksana. Kamu juga harus mulai memikirkan cara berhemat dan mencari uang tambahan.

So, demikian pembahasan kita kali ini mengenai cara mengatur keuangan gaji 3 juta. Semoga pembahasan ini bisa menjadi sumber referensi kamu dalam mengelola keuangan kamu. Selamat mencoba dan kamu pasti bisa. Untuk berbagai artikel menarik seputar keuangan kamu bisa baca di sini Cerdas Finansial, secara gratis. Terima kasih telah membaca. Salam. Suara Milenial.

Ramai Dibaca Nih
Surat rekomendasi beasiswa
Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa