Cara Membiasakan Diri Menabung

Cara Membiasakan Diri Menabung

Suaramilenial.id Apakah kamu memiliki tujuan keuangan yang ambisius? Ingin memiliki uang banyak lalu membeli apa yang kamu mau? Jika demikian, maka kamu perlu cara membiasakan diri menabung. Sebab tanpa menabung, tentu menjadi sulit ambisi memiliki uang banyak.

Tidak ada salahnya sebagai manusia memiliki ambisi mengumpulkan harta atau uang sebanyak mungkin. Karena memang dalam hidup ini kita akan selalu berurusan dengan uang dan uang. Kebanyakan orang, mungkin juga kamu salah satunya, memang memiliki tujuan keuangan yang ambisius.

Cara untuk mencapai tujuan keuangan kamu adalah dengan membangun kumpulan kebiasaan sehari-hari, memulai dari hal yang sangat kecil, salah satunya menabung. Menabung menjadi kunci dasar bagi kamu yang ingin memiliki keuangan sehat untuk masa mendatang.

Menabung menjadi satu langkah kecil yang akan menjadi kebiasaan baik bagi kamu dalam mengelola keuangan. Kamu akan terbiasa menyimpan uang kamu dari waktu ke waktu untuk tujuan yang lebih baik. Nah, harapannya kelak dapat memperbaiki situasi keuangan pribadi kamu.

Apa yang menjadi tujuan keuangan kamu? Memiliki rumah, mobil, jalan-jalan, biaya kuliah, apa pun itu, bisa kamu wujudkan jika kamu tahu cara mengelola uang yang benar. Nah, untuk itu kamu perlu banget cara membiasakan diri untuk menabung seperti berikut ini:

1. Lakukan Transfer Otomatis Uang ke Tabungan Khusus

Membuat Transfer Otomatis Bank

Bagi kamu yang sudah bekerja, baik itu bekerja di perusahaan secara penuh atau melakukan pekerjaan paruh waktu dan freelancer, tentu kamu memiliki pendapatan dari setiap pekerjaan yang kamu berhasil lakukan. Nah, bagaimana kamu mempergunakan pendapatan kamu selama ini?

Mungkin sebagian besar dari kamu masih kebocoran pengeluaran setiap awal bulan dari gaji atau pendapatan kamu. Hal ini menjadikan kamu tidak lagi memiliki anggaran yang cukup untuk menabung, mencicil kebutuhan keuangan kamu. Maka kamu bisa melakukan transfer otomatis setiap kali kamu mendapatkan pendapatan.

Dengan kamu membuat transfer otomatis maka kamu akan ‘dipaksa’ menyisihkan pendapatan kamu ke rekening khusus tabungan kamu. Ini menjadi cara termudah untuk berhemat. Lebih jauh, kamu bisa membuka tabungan berjangka yang mana agar kamu tidak bisa menggunakan uang kamu dalam periode tertentu.

Kamu bisa membiasakan diri untuk melakukan transfer otomatis, tidak harus dalam jumlah besar. Mungkin kamu sesuaikan dengan uang sisa dari pengeluaran bulanan kamu. Walau hanya beberapa rupiah yang akan kamu masukan ke rekening tabungan khusus, namun ini akan sangat membantu kamu dalam menabung dan menjadikan kebiasaan baik.

2. Simpan Uang Koin Kembalian

Menabung Uang Bonus Pekerjaan

Apakah kamu salah satu yang abai dengan keberadaan uang koin kembalian? Mungkin kamu masih beranggapan bahwa beberapa rupiah kembalian menjadi ‘kurang penting’ namun kamu patut ingat bahwa itu akan menjadi jumlah yang besar ketika kamu kumpulkan dengan baik.

Tidak sedikit orang yang menjadi acuh atau tidak peduli dengan uang kembalian. karena nominalnya kecil sehingga mudah melupakan begitu saja. Sering kali tercecer entah di mana. Namun, tidak sedikit pula yang memanfaatkan uang kembalian untuk tabungan mereka.

Nah, kamu sebaiknya menjadi orang yang bijak dalam menilai nominal rupiah kamu. Seberapa kecil uang yang kamu miliki, ada baiknya untuk kamu simpan. Salah satu caranya misal dengan membeli celengan ayam atau memasukkan uang koin kamu ke wadah khusus.

Kamu bisa membuat wadah khusus uang koin, kemudian kamu tandai untuk tujuan penghematan tertentu. Misalnya kamu tulis bahwa uang koin itu akan kamu gunakan jalan-jalan, atau untuk membelikan kado ulang tahun adik, dan berbagai tujuan menarik lainnya.

3. Simpan Uang Bonus

Menabung Uang Bonus Pekerjaan

Dalam periode keuangan tertentu mungkin kamu akan mendapatkan uang bonus. Ini mungkin ketika kamu mendapat kenaikan gaji, mendapat pekerjaan dari freelance, atau mendapatkan bonus pekerjaan, cobalah kamu untuk berkomitmen menyisihkan sebagian dari penghasilan tersebut.

Sering kali karena uang bersifat bonus, maka kita akan dengan mudah menghabiskannya. Memang tidak salah, karena itu adalah buah dari kerja keras kamu dalam mendapatkan uang tambahan.

Namun ada baiknya, walau mungkin ingin menikmati sebagian dari uang tambahan tersebut, kamu juga perlu untuk menyisihkan sebagian untuk tabungan kamu. Misalnya, kamu yang pekerja lepas, untuk tujuan pembelian peralatan kerja kamu.

Ketika kamu bisa berkomitmen menabung uang bonus, maka kamu akan semakin mudah dalam mengumpulkan tujuan keuangan kamu. Karena kamu sudah memiliki dua sumber pendapatan yang bisa kamu masukan dalam rekening tabungan khusus keuangan kamu.

4. Buat Perencanaan Pengeluaran

Membuat Daftar Pengeluaran Bulanan

Pengeluaran yang tidak terencana menjadi bencana bagi keuangan kamu. Bagaimana kamu bisa berhemat dan mulai membiasakan diri menabung, jika pengeluaran kamu tidak terkontrol dengan baik. Maka menjadi penting untuk membuat perencanaan pengeluaran.

Perencanaan keuangan ini bisa kamu buat untuk harian, mingguan dan bulanan. Tentu kamu sudah memiliki gambaran apa saja yang kamu butuhkan dalam satu bulan. Pengeluaran wajib yang perlu kamu bayar, pengeluaran khusus, dan pengeluaran darurat.

Nah, dari keseluruhan kebutuhan pengeluaran bulanan ini, setelah kamu buat daftar dan anggaran keuangan kamu. Maka, saatnya kamu menghitung berapa uang sisa yang bisa kamu tabung.

Dengan kamu mengetahui sisa keuangan kamu selama satu bulan, maka kamu akan lebih mudah menentukan target keuangan kamu. Idealnya, kamu bisa menyisihkan paling tidak 30% pendapatan kamu untuk tabungan kamu, termasuk menyiapkan dana darurat.

5. Minta Dukungan Orang Lain

Konsultasi Keuangan Dengan Pasangan

Mungkin kamu membutuhkan dukungan orang lain agar kamu bisa membiasakan diri menabung. Dukungan ini bisa dalam bentuk komitmen bersama, atau meminta orang lain menjadi penasihat tabungan keuangan kamu.

Bagi kamu yang memiliki pasangan misalnya, kamu bisa membuat kesepakatan bersama pasangan untuk tujuan tabungan kamu. Kamu dan pasangan akan saling mendukung dan mengingatkan agar membiasakan diri menabung demi tujuan keuangan masing-masing.

Selain itu, menjadi penting untuk melakukan evaluasi setiap bulan. Kamu perlu untuk melihat seberapa banyak kemajuan yang kamu capai untuk mewujudkan tujuan keuangan kamu. Dengan kamu melihat hasil atau capaian, maka akan membantu kamu dalam menentukan target periode tabungan berikutnya.

Kesimpulan

Membiasakan diri untuk bisa menabung adalah satu langkah penting bagi kamu dalam membiasakan keuangan yang sehat. Mungkin saat ini kamu merasa masih aman dalam keuangan, kamu masih bisa menggunakan pendapatan kamu satu bulan untuk pengeluaran satu bulan. Namun patut kamu ingat, bahwa akan semakin banyak kebutuhan keuangan di masa mendatang.

Maka, menjadi sangat bermanfaat jika kamu memiliki kebiasaan menabung. Kamu akan terbiasa dalam mengalokasikan keuangan bulanan kamu. Selain itu, berbagai kebutuhan atau target keuangan kamu bisa dengan mudah kamu capai dengan cara menabung.

Nah, demikian pembahasan kita kali ini dalam cerdas finansial mengenai Cara Membiasakan Diri Menabung. Artikel ini merupakan artikel khusus yang menjadi fokus suaramielnial.id untuk menghadirkan literasi keuangan bagi generasi muda di Indonesia. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat, salam.

Ramai Dibaca Nih
Legitimasi Kebijakan di tengah Pandemi