Biaya Jasa Tukang Bangunan

Biaya Jasa Tukang Bikin Pusing – Berbagi Pengalaman

Beberapa waktu ini saya melakukan renovasi rumah secara menyeluruh. Mengganti pintu, jendela, dan cat rumah. Untuk pintu dan jendela sebenarnya sudah saya persiapkan sebelumnya, tinggal memasangnya saja. Tapi, saya belum menyiapkan untuk cat rumah karena harus memilih cat yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya bukan hanya bingung memilih cat yang sesuai, tetapi juga pertimbangan biaya untuk jasa tukang renovasi rumah belum terpikirkan. Hal ini saya rasa menjadi banyak permasalahan bagi cukup banyak keluarga muda. Minimnya literasi terhadap urusan pertukangan menjadi persoalan tersendiri.

Biaya jasa tukang renovasi rumah sejauh ini biasanya hanya dimengerti oleh para eksklusif. Dalam hal ini orang eksklusif itu adalah orang-orang yang kesehariannya dekat dengan urusan kontruksi, seperti mandor, arsitek, dan teknik sipil. Untuk sekelas profesor pun belum tentu bisa memahaminya.

Terlebih lagi bagi para keluarga yang hidup di lingkungan urban, kebanyakan dari para masyarakat urban saat ini terlalu bergantung pada informasi di internet terkait dengan biaya jasa tukang untuk renovasi atau membangun rumah. Tukang.com adalah salah satu platform saat ini yang mungkin banyak diacu orang.

Sulitnya Memilih Tukang Yang Sesuai

Biaya Jasa Tukang Bikin Pusing - Berbagi Pengalaman
https://www.freepik.com/

Memilih tukang tidak hanya sekadar mempertimbangkan biaya jasa pengeluaran untuk tukang. Ada beberapa hal lain yang biasanya dipertimbangkan oleh para calon klien sebelum menentukan tukang yang akan dipekerjakan. Beberapa hal yang menjadi banyak pertimbangan memilih tukang yang sesuai, seperti berikut:

Pertama, pertimbangan jenis jasa yang akan digunakan adalah hal utama. Pengeluaran untuk tukang biasanya mengikuti sejumlah syarat dan ketentuan. Semakin rumit pekerjaan dan durasi pengerjaan menjadi indikator penting menentukan biaya jasa yang akan dikeluarkan.

Kedua, biaya tukang menjadi pertimbangan para pengguna jasa mereka. Ada beberapa kesepakatan di masyarakat terkait dengan rentang harga untuk jasa tukang. Hal ini cukup kompleks karena setiap daerah bisa memiliki rentang harga yang berbeda. Oleh karena itu, literasi dunia pertukangan sangat dibutuhkan.

Ketiga, jenis pengerjaan tukang juga akan mempengaruhi biaya pengeluaran untuk jasa tukang. Biasanya, ada dua jenis jasa tukang yang ditawarkan kepada para pengguna, yaitu harian atau borongan. Masing-masing jenis ini memiliki ketentuan sendiri-sendiri sesuai dengan kesepakatan antara pengguna jasa dan tukangnya.

Jenis harian ini mengharuskan pengguna mengeluarkan biaya setiap harinya. Di samping itu, pengguna jasa juga harus menentukan apakah hanya menggunakan jasa tukang saja atau termasuk juga menyiapkan bahan materialnya. Selain itu, jenis borongan mengharuskan pengguna menyiapkan budget secara menyeluruh untuk tukang dan bahan materialnya.

Perbedaan antara keduanya ada pada durasi pengerjaan. Biasanya, jenis borongan lebih cepat karena semua uang sudah di muka, sedangkan jenis harian biasanya berdurasi lebih lama. Beberapa tukang yang kurang profesional biasanya memanfaatkan harian ini lebih santai. Hal ini karena setiap hari mereka akan mendapatkan upah pekerjaan meskipun dikerjakan secara santai.

Kalkulasi Biaya Jasa Tukang

Composition of calculator with paper money and notebook with pen
Karolina Grabowska

Setelah kita disibukkan dengan rumitnya memilih tukang, hal lain yang bikin pusing adalah memikirkan biaya yang akan dikeluarkan. Setelah kita menentukan kebutuhan menggunakan jasa tukang, memikirkan jenis jasa yang ditawarkan juga harus menjadi pertimbangan. Seperti yang kita singgung sebelumnya, ada dua jenis pekerjaan tukang yaitu harian dan borongan.

Sebelum melakukan kalkulasi biaya jasa tukang, kita harus memahami dulu bahwa ada tiga status yang menjalankan usaha ini. Tiga status itu adalah mandor, tukang, dan pembantu tukang atau yang dikenal sebagai laden tukang. Semua memiliki peran tersendiri. Tapi, jika kebutuhanmu hanya sederhana cukup menggunakan tukang dan laden tukang saja.

Penggunaan jasa mandor biasanya jika kamu ingin membangun rumah dari nol sampai rumah itu terbangun. Mandor berfungsi sebagai penanggungjawab semua pekerjaan kontruksi tersebut. Tapi, jika kebutuhan hanya sekadar renovasi rumah cukup menggunakan tukang dan laden tukang.

Biaya untuk memiliki keberagaman, tetapi perbedaannya tidak terlalu signifikan. Untuk daerah DIY dan sekitarnya, biaya mandor sekitar 200.000 – 300.000 per hari, biaya tukang 100.000 – 150.000 per hari, dan biaya laden tukang 75.000 – 100.000 per hari. Kamu bisa mengambil rentang biaya paling bawah jika kamu juga menyiapkan makan, minum, serta rokok untuk mereka.

Tapi, jika kamu tipe orang yang terima beres tanpa harus repot menyiapkan makan, minum, dan rokok setidaknya kamu harus mengambil rentang harga tertinggi untuk jasa mereka. Terlebih lagi jika kamu bukan orang yang mau memantau pekerjaan mereka, kamu harus mengeluarkan biaya untuk jasa mandor juga.

Jasa mandor digunakan untuk memantau pekerjaan mereka agar sesuai dengan keinginanmu. Apabila nanti ada ketidaksesuaian denganmu, kamu bisa meminta tanggungjawab pada mandor untuk membenahi pekerjaan mereka tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Namun, jasa mandor tidak banyak diambil jika kamu hanya punya budget terbatas.

Setelah kamu memahami biaya jasa harian mereka, kamu bisa menanyakan perkiraan durasi pengerjaan untuk melakukan efisiensi pengeluaran. Dengan catatan juga, jika tidak menggunakan jasa mandor, kamu harus siap memantau pekerjaan mereka setiap hari agar sesuai dengan keinginanmu. Hal ini karena ada beberapa tukang yang menyepelekan waktu dan pekerjaan jika tidak dipantau.

Parenting Milenial adalah rubrik khusus membahas seputar parenting dan keluarga milenial, kerja sama suaramilenia.id bersama imaos.id. Bagi kamu yang memiliki pengalaman seputar parenting dan keluarga milenial, boleh banget kirim pengalaman kamu ke sapasuaramilenial@gmail.com

Latest posts by Suara Milenial (see all)
More Stories
Menghadapai rekan kerja menyebalkan
4 Cara Menghadapi Rekan Kerja Menyebalkan