Beasiswa Yayasan Hadji Kalla Untuk S1 dan S2

Beasiswa Yayasan Hadji Kalla Untuk S1 dan S2

Hai kamu, ada kabar baik nih buat kalian yang saat ini sebagai mahasiswa S1 dan S2 asal Sulawesi Selatan! Karena Yayasan Hadji Kalla melalui bidang Educare menawarkan Program Beasiswa Mahasiswa Sulawesi Selatan kepada mahasiswa dhuafa asal Sulawesi Selatan.

Apakah kamu masuk dalam kriteria? Atau memiliki teman yang sedang mencari beasiswa? Coba kamu simak terlebih dahulu, berikut informasi selengkapnya.

Sejarah Yayasan Hadji Kalla

Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Islam Hadji Kalla atau disingkat dengan Yayasan Kalla didirikan pada 24 April 1984. Melalui yayasan ini, Kalla Group menjalankan program Corporate Social Responsibility dan menyalurkan dana zakat perusahaan dengan visi: Terdepan dalam pengembangan keislaman, mutu pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam mewujudkan visi tersebut, Yayasan Kalla menjalankan empat misi utama, yaitu meningkatkan kualitas keislaman masyarakat, Meningkatkan kualitas dan keberlanjutan pendidikan masyarakat dhuafa, Meningkatkan kemandirian masyarakat menuju kehidupan keluarga yang bahagia, sehat dan sejahtera dan Meningkatkan mutu hasil pertanian dan kualitas lingkungan hidup.

Program Educare Yayasan Hadji Kalla

Bidang Pendidikan (Educare) sebagai salah satu objek penting dari penyaluran dana zakat perusahaan yang dilakukan melalui pengembangan lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal, pemberian bantuan biaya pendidikan bagi siswa dan mahasiswa, termasuk bantuan biaya kegiatan sosial yang positif dan bermanfaat untuk pemberdayaan pelajar dan masyarakat di Indonesia, khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Telah ditetapkan sebanyak 11 (sebelas) program kerja yang Inshaallah akan direalisasikan pada tahun 2020. Mulai dari program kerja untuk pelajar, meliputi: Beasiswa Mahasiswa Sulawesi Selatan, Beasiswa Tugas akhir, Beasiswa Keluarga Karyawan, Bantuan Kegiatan Aktif Positif, dan Bantuan Perlengkapan Sekolah.

Kemudian program kerja untuk lembaga pendidikan, meliputi: Pemberdayaan PAUD, Subsidi Sekolah Islam Athirah Bone, Peningkatan Kapasitas Guru Sekolah Dasar, Peningkatan Kapasitas Manajemen Kepala Sekolah SD dan terakhir, program kerja untuk pendidikan umum, meliputi: Parenting dan Coaching untuk Para Calon Pekerja.

Beasiswa Yayasan Hadji Kalla Untuk S1 dan S2

Program Beasiswa Mahasiswa Sulawesi Selatan untuk Mahasiswa S1 dan S2
Perlu diketahui, Yayasan Hadji Kalla didirikan pada tanggal 24 April 1984. Melalui yayasan ini, Kalla Group melaksanakan program Corporate Social Responsibility dan menyalurkan dana zakat perusahaan pada berbagai bidang, seperti pendidikan, dakwah, sosial-kemasyarakatan, serta lingkungan hidup.

Yayasan Hadji Kalla membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa asal Sulawesi Selatan yang tengah menempuh pendidikan di perguruan-perguruan tinggi terbaik di Indonesia baik negeri (PTN) dan swasta (PTS) untuk bergabung pada program Beasiswa Mahasiswa Sulawesi Selatan.

Program beasiswa ini bukan hanya untuk mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik (nilai akademik yang tinggi), tetapi juga dibuka untuk mahasiswa yang punya prestasi non-akademik seperti di bidang seni dan olahraga, memiliki hafalan Al-Quran (hafidz), aktif pada organisasi sosial kemasyarakatan dan teman-teman penyandang disabilitas, meskipun nilai akademiknya tidak begitu menonjol.

Melalui program ini, diharapkan mampu berkontribusi meringankan salah satu beban utama mahasiswa, yaitu biaya studi itu sendiri sehingga mereka bisa lebih berkonsentrasi untuk kuliah dan melakukan aktivitas lain yang mendukung persiapan mendapatkan pekerjaan/membuka usaha.

Persyaratan Beasiswa Yayasan Hadji Kalla Untuk S1 dan S2:

  1. Merupakan putra-putri yang berasal dari Sulawesi Selatan.
  2. Sedang menempuh perkuliahan S1 atau S2 di PTN/PTS di Indonesia.
  3. Memilih salah satu Jalur Pendaftaran Beasiswa:
    a. Jalur Akademik I (20 Perguruan Tingggi Terbaik Versi Kemenristekdikti)
    b. Jalur Akademik II (Perguruan Tinggi di Sulsel, Sulbar, Sulteng, dan Sultra)
    c. Jalur Non Akademik (Hafiz Alquran)
    d. Jalur Non Akademik (Prestasi di Bidang Olahraga dan Seni)
    e. Jalur Non Akademik (Keaktifan di Lembaga Sosial Masyarakat)
    f. Jalur Non Akademik (Disabilitas)

Berkas atau Dokumen Yang Diperlukan (softcopy):

  1. Pas foto berwarna ukuran 3×4.
  2. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) untuk mahasiswa on-going ATAU Bukti kelulusan di Perguruan Tinggi untuk mahasiswa baru.
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Kartu Keluarga (KK).
  5. Foto buku rekening (selain Bank Sulselbar).
  6. Foto bukti pembayaran SPP semester terakhir untuk mahasiswa on-going ATAU bukti pembayaran biaya masuk Perguruan Tinggi untuk mahasiswa baru.
  7. Kartu Hasil Studi semester sebelumnya ATAU Transkrip Nilai S-1 (khusus bagi Mahasiswa Baru S2) ATAU Surat Keterangan Hasil Ujian SMA (khusus bagi Mahasiswa Baru S1)
  8. Surat Keterangan Tidak Sedang Menerima Beasiswa Serupa dari Pihak Lain yang disahkan oleh Pimpinan Fakultas (untuk mahasiswa on-going) ATAU Surat Pernyataan Tidak Sedang Menerima Beasiswa Serupa dari Pihak Lain (untuk Mahasiswa Baru)
  9. Surat Keterangan Tidak mampu dari Pemerintah (Minimal Lurah)

Tatacara pendaftaran Beasiswa Yayasan Hadji Kalla Untuk S1 dan S2

Untuk mendaftar Beasiswa Mahasiswa Sulawesi Selatan, peserta dapat mengisi formulir pendaftaran online pada link berikut: Kik Untuk Mulai Pendaftaran.

Periode pendaftaran dimulai pada 22 JULI s/d 31 AGUSTUS 2020.

Informasi Lebih Lanjut!
Wisma Kalla
Jl. DR. Ratulangi No. 8
Kunjung Mae, Kec. Mariso, Kota Makassar
Sulawesi Selatan
Instagram: @yayasankalla
Narahubung: 0823 1231 1192 (Syafei)
Website: www.yayasanhadjikalla.co.id
Sumber Informasi Resmi: Instagram @yayasankalla

Informasi Program Beasiswa lainnya, beasiswa s1, beasiswa s2, beasiswa s2, beasiswa dalam dan luar negeri, silakan klik tautan berikut: Info Beasiswa Lengkap

Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga kamu berhasi!

Latest posts by Suara Milenial (see all)
More Stories
Politik Milenial
Posisi Milenial Dalam Politik Indonesia