Generasi Milenial
https://www.pexels.com/id-id/@minan1398

Apa Kamu Termasuk Generasi Milenial?

Di Televisi, surat kabar, dan media lain, termasuk media sosial, kita sering kali mendengar dan membaca istilah ‘milenial’ yang kemudian diasosiasikan dengan generasi yang ‘serba digital’, serta instan, dan penyematan labeling lain.

Sebenarnya siapa sih generasi milenial itu?  Apa kamu juga bagian dari generasi milenial? Tapi tidak sadar bahwa kamu masuk dalam generasi milenial? Atau sebenarnya kamu sudah masuk di generasi Z?  Mari kita cari tahu apakah kamu termasuk generasi milenial.

Istilah milenial pertama kali dicetuskan oleh William Strauss dan Neil dalam bukunya yang berjudul Millennials Rising: The Next Great Generation (2000). Istilah milenial ini mulai muncul pada tahun 1987, yaitu pada saat anak-anak yang lahir pada tahun 1982 masuk pra-sekolah. Saat itu media mulai menyebut  sebagai kelompok yang terhubung ke milenium baru di saat lulus SMA di tahun 2000.

Pendapat lain menurut Elwood Carlson dalam bukunya yang berjudul The Lucky Few: Between the Greatest Generation and the Baby Boom (2008), generasi milenial adalah mereka yang lahir dalam rentang tahun 1983 sampai dengan 2001.

Jika didasarkan pada Generation Theory yang dikemukakan oleh Karl Mannheim pada tahun 1923, maka generasi milenial adalah generasi yang lahir pada rasio tahun 1980 sampai dengan 2000. Generasi milenial juga disebut sebagai generasi Y. Istilah ini mulai dikenal dan dipakai pada editorial koran besar Amerika Serikat pada Agustus 1993.

Ada beberapa pendapat tentang generasi milenial dari peneliti dalam negeri. Menurut Hasanuddin Ali dan Lilik Purwandi (2017) dalam bukunya Millennial Nusantara menyebutkan bahwa Generasi milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 sampai dengan tahun 2000.

Sementara para peneliti sosial dalam negeri lainnya menggunakan tahun lahir mulai 1980an sampai dengan tahun 2000-an untuk menentukan generasi milenial.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli dari berbagai negara dan profesi, penentuan siapa generasi milenial dapat ditarik kesimpulan bahwa generasi milenial adalah mereka yang dilahirkan antara tahun 1980 sampai dengan 2000.

Kamu lahir di tahun berapa? Apa kamu masuk dalam kategori Generasi Milenial? Atau masih dalam Generasi X atau justru masuk pada kelahiran Generasi Z?

Latest posts by Suara Milenial (see all)
Ramai Dibaca Nih
Beasiswa Bahasa Mandarin di Taiwan, Rp 11 Juta per Bulan