5 Tips Mengatur Keuangan Bulanan Agar Tidak Bokek di Tengah Bulan

5 Tips Mengatur Keuangan Bulanan Agar Tidak Bokek di Tengah Bulan

Suaramilenial.id Hai kamu, bagaimana kabar keuanganmu saat ini? Apakah pengeluaran bulanan kamu masih aman dan tercukupi? Gaji atau pendapatanmu masih tersisa untuk kebutuhan investasi atau paling tidak menabung? Atau, kamu sudah menghabiskan uang kamu untuk hal-hal yang kurang perlu? Maka, kamu perlu banget Tips Mengatur Keuangan Bulanan ini!

Tidak sedikit orang yang khilaf ketika awal bulan. Gajian langsung digunain buat belanja ini itu, dan biasanya tergoda oleh diskon. Apa lagi saat belanja online, bisa-bisa barang yang tidak tahu fungsinya saja terbeli.

Kamu tidak sendiri. Kalau saat ini kamu masih sering khilaf belanja pas dapat gaji. Sebagian besar orang pun mengalami yang sama. Godaan diskon, gratis ongkir dan berbagai paket penawaran di online shoop memang susah untuk ditolak.

Namun, jika kamu telah sampai pada artikel ini. Maka kamu sudah memiliki satu langkah yang tepat untuk keuangan yang lebih baik. Karena kamu akan belajar bagaimana 5 Tips Mengatur Keuangan Tanpa Takut Kehabisan Uang.

1. Buat Anggaran Pengeluaran Harian, Mingguan dan Bulanan

Membuat Anggaran Harian Mingguan dan Bulanan

Banyak orang yang enggan membuat anggaran secara rinci, baik itu untuk kebutuhan pengeluaran harian, mingguan atau bulanan. Hal ini, karena merasa ribet, atau tidak terbiasa. Padahal banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membuat anggaran pengeluaran.

Kamu yang ingin mengatur keuangan dengan baik dan benar tanpa takut kehabisan uang nantinya. Kamu harus memulai dengan membuat anggaran pengeluaran. Caranya sangat sederhana, tidak harus sampai detail.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki gaji atau pendapatan bulanan sebesar 6 Juta, dan kamu memiliki komitmen menabung sebanyak 2 juta, maka kamu memiliki uang sisa 4 juta. Nah mari kita hitung apa saja pengeluaran 4 juta kamu.

– Biaya makan satu bulan: 1 Juta
– Biaya Internet: 100 ribu
– Kebutuhan harian; pasta gigi, sabun, dll: 300 ribu.
– Kebutuhan BBM / Transportasi: 300 ribu
– Bayar Sewa / Kos : 1 juta
– Bayar cicilan: 1 juta
– Uang darurat 300 ribu.

Setelah kamu  buat daftar seperti di atas, kini kamu bisa mengetahui batasan maksimal pengeluaran untuk setiap keperluan kamu. Dengan begini, kamu tidak akan ketakutan kehabisan uang karena lalai atau khilaf belanja.

Namun, kamu harus membuat ini secara teratur dan detail jika ingin berhasil. Dan ingat, kamu harus berkomitmen bahwa penggunaan uang di luar daftar pengeluaran yang sudah kamu anggarkan, harus kamu pikirkan ulang apakah memang perlu atau tidak.

2. Atur Pengeluaran Untuk Nongkrong dan Kuliner

Mengatur Keuangan Dengan Mengurangi Nongkrong

Bagi kamu yang tinggal di kota, atau daerah yang sedang berkembang, tentu akan ada banyak tempat nongkrong dan kuliner yang rasanya begitu sayang jika dilewatkan. Belum lagi, ajakan teman-teman kamu untuk nongkrong sepulang kerja atau di akhir pekan. Atau buat kamu yang memiliki pasangan, tentu ada anggaran untuk kencan.

Kamu perlu waspada dan pintar-pintar mengatur kebutuhan nongkrong dan kuliner kamu. Ingat, sering kali orang khilaf saat awal bulan, karena baru saja gajian, lalu nongkrong dan kuliner sampai lupa kebutuhan pengeluaran bulanan lainnya.

Maka, menjadi penting agar kamu benar-benar melakukan manajemen atau pengelolaan keuangan secara detail, dalam hal ini terkait anggaran yang kamu gunakan  untuk kebutuhan nongkrong atau kuliner bareng teman-teman kamu.

Bagaimana pun, yang namanya tinggal di kota misalnya, kamu akan bersinggungan dengan kebutuhan nongkrong bareng teman atau rekan kerja. Maka, jangan sampai juga kamu sama sekali tidak pernah nongkrong atau keluar bareng mereka.

Sederhananya, boleh saja kuliner dan nongkrong, tapi tetap harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan kamu. Ingat, masih banyak yang lebih prioritas di banding menghabiskan uang untuk kebutuhan kuliner atau nongkrong semata.

3. Cerdas Dalam Berbelanja Agar Sukses Mengatur Keuangan Bulanan

Cerdas Dalam Berbelanja Online Agar Keuangan Terjaga

Agar kamu tidak menangis ketika tanggal tua, maka kamu harus cerdas dalam mengelola atau mengatur keuangan. Salah satu caranya yaitu dengan membiasakan diri cerdas dalam berbelanja.

Apa yang dimaksud dengan cerdas dalam berbelanja? Yaitu cerdas dalam menentukan prioritas, dan memilih barang atau jasa kebutuhan kamu yang paling sesuai. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu.

Misalnya ketika kamu akan membeli sepatu, maka kamu perlu mencari informasi terlebih dahulu perihal sepatu tersebut, terkait bahan, kenyamanan, warna, ukuran, model, sampai harga. Kemudian cari review atau ulasan dari pengguna atau pembeli.

Dengan kamu melakukan riset terlebih dahulu, maka kamu akan benar-benar mendapatkan barang yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Hal ini, akan menghindari kamu membeli sesuatu yang mudah rusak, atau mudah bosan, atau malah tidak terpakai karena ternyata tidak nyaman  dan tidak sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cerdas dalam berbelanja dalam mengatur keuangan tentu saja juga terkait harga. Maka perhatikan harga terbaik yang ditawarkan. Jika kamu membeli secara online, lihat fitur yang ada, apakah ada gratis ongkos kirim, potongan harga, atau bonus lain yang mungkin saja terdapat dalam aplikasi atau marketplace yang kamu gunakan.

4. Mulailah Berkomitmen Menabung atau Investasi

Tips Keuangan Aman Dengan Menabung dan Investasi

Komitmen untuk menabung menjadi bagian paling penting dalam mengatur keuangan. Baik untuk kebutuhan jangka pendek atau pun jangka panjang, seseorang perlu untuk menabung secara rutin dari hasil gaji atau pendapatannya setiap bulan.

Dengan kamu rajin menabung, maka kamu akan terbiasa memiliki pos khusus dalam anggaran keuangan kamu. Tabungan ini juga yang akan menjamin berbagai kebutuhan kamu di masa mendatang.

Lebih jauh, kamu bisa juga memikirkan berbagai instrumen investasi untuk keuangan kamu. Mungkin memulai dengan investasi umum, seperti mulai ikut deposito atau reksa dana. Tentu saja, kamu harus melakukan investasi kepada lembaga yang terdaftar seperti Bank.

Berapa pun kemampuan kamu dalam setiap bulan untuk menabung, coba lakukan itu dan lihat perubahan keuangan yang akan terjadi kepada kamu. Ingat, sejak kecil salah satu nasihat yang sering kali kita dengar adalah menabung. Kini, ketika sudah memiliki pendapatan sendiri, mengapa tidak serius untuk menabung?

5. Mencari Pendapatan Tambahan

Kerja Sampingan Solusi Keuangan Aman

Mungkin kamu memiliki banyak keinginan yang kemudian memaksa keuangan kamu lebih banyak keluar dari pada masuk dalam instrumen tabungan atau investasi. Maka, kamu bisa melakukan siasat lain agar keuangan kamu tetap aman.

Cara mengatur keuangan agar tetap aman, yaitu dengan menghitung kembali kebutuhan pengeluaran bulanan kamu. Jika memang tidak mencukupi, maka sudah saatnya kamu memulai memikirkan mencari pendapatan tambahan.

Kamu bisa mulai menjadi pekerja lepas untuk waktu-waktu tertentu, misalnya pekerjaan di akhir pekan. Atau kamu mulai menjalankan bisnis online, misalnya dengan menjadi reseller atau dropshiper suatu produk. tentu harapannya kamu akan mendapatkan tambahan keuangan yang bisa untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Saat ini, melakukan pekerjaan tambahan menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan pekerja. Banyak pekerja yang juga menjalankan usaha bisnis online, mereka mengerjakan di sela-sela waktu istirahat bekerja. Dan tidak sedikit yang menuai sukses.

Kesimpulan Tips Mengatur Keuangan Bulanan Agar Tidak Bokek di Tengah Bulan

Mungkin kamu akan menganggap mudah setiap tips yang telah kita bahas di atas, namun konsitensi kamu untuk bisa menjalankannya tentu butuh diuji. Nah, karena kamu sudah mengetahui tentang tips mengatur keuangan bulanan, maka kamu harus bisa menjalankan dengan baik agar tidak bokek terus setiap akhir bulan.

Kamu juga perlu memperhatikan kebutuhan kamu untuk masa mendatang, misalnya kamu ingin membeli kendaraan, memiliki rumah, atau melanjutkan pendidikan kamu. Tidak ada salahnya juga kamu menabung untuk kebutuhan wisata, misalnya kamu menabung untuk keinginan liburan akhir tahun ke Bali, atau ke Raja Ampat.

Selama kamu bisa mengatur keuangan bulanan dengan baik, maka keuangan jangka pendek dan jangka panjang kamu juga akan terkelola dengan baik. Semua kembali pada orientasi dan niat kamu dalam mengelola keuangan kamu. Demikian tips mengatur keuangan bulanan kali ini, semoga bermanfaat. Salam. RAR SuaraMilenial.id

Ramai Dibaca Nih
Ilustrasi Data Covid-19
Angka, Data dan Makna