Kampus Kedokteran Terbaik di Indonesia

5 Kampus Kedokteran Terbaik di Indonesia

Suaramilenial.id Hai apa kabar kamu, apakah kamu sedang mencari jurusan kuliah? Kamu ingin masuk jurusan kedokteran? Menjadi mahasiswa kedokteran di kampus terbaik di Indonesia? Dalam artikel ini ada 5 kampus kedokteran terbaik di Indonesia berdasarkan World University Rangkings.

Menjadi dokter atau tenaga kesehatan mungkin menjadi impian dan cita-cita banyak orang. Kamu mungkin salah satu yang memiliki cita-cita mulia ini. Nah, untuk mewujudkan cita-cita kamu ini, langkah awal yang perlu kamu persiapkan adalah memilih kampus terbaik untuk kamu.

Di Indonesia, banyak universitas yang sudah membuka jurusan kedokteran. Ini menjadi peluang besar bagi kamu yang ingin menjadi dokter atau tenaga kesehatan. Nah, jika kamu mencari yang terbaik dalam rangking, maka ada 5 kampus kedokteran terbaik di Indonesia.

Peringkat yang disematkan ke kampus kedokteran ini merupakan hasil dari penilaian Times Higher Education dalam daftar World University Rangkings (WUR) untuk tahun 2021. Jadi bukan sembarang kasih peringkat, memang sudah dilakukan kajian sebelumnya ya.

WUR sendiri membuat peringkat tersebut dirilis mulai dari skala dunia hingga per jurusan, salah satu jurusan yang diperingkat ialah jurusan kedokteran. Dalam melakukan peringkat ini ada lima indikator yang digunakan untuk menilai dan menentukan peringkat universitas terbaik di dunia dan negara yakni; pengajaran, penelitian, kutipan, (citations), pendapatan industri, dan pandangan internasional.

Nah, khusus jurusan kedokteran yang ada di Indonesia. Berikut adalah 5 kampus terbaik kedokteran World University Rangkings:

1. Universitas Indonesia

Kampus terbaik peringkat pertama jurusan kedokteran adalah Universitas Indonesia (UI). UI sendiri bahkan masuk dalam peringkat 801-1000 jurusan kedokteran terbaik di dunia versi WUR pada tahun 2021 ini.

Nilai keseluruhan: 25.1 – 30.1
Pengajaran: 37.6
Penelitian: 20.7
Kutipan (citations): 15.2
Pendapatan industri: 84.5
Pandangan internasional: 51.3

2. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya masuk dalam daftar universitas dengan jurusan kedokteran terbaik kedua di Indonesia. UB juga masuk dalam peringkat dunia dalam daftar peringkat 1000an.

Nilai keseluruhan: 10.3 – 25.0
Pengajaran: 16.9
Penelitian: 8.7
Kutipan (citations): 10.2
Pendapatan industri: 36.3
Pandangan internasional: 21.9

3. Universitas Diponegoro

Kampus jurusan kedokteran terbaik pada peringkat ketiga versi WUR 2021 adalah Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Nilai keseluruhan: 10.3 – 25.0
Pengajaran: 21.1
Penelitian: 10.5
Kutipan (citations): 15.0
Pendapatan industri:43.2
Pandangan internasional: 26.5

4. Universitas Gadjah Mada

Pada peringkat ke empat ada Univesitas Gadjad Mada sebagai jurusan kedokteran terbaik di Indonesia.

Nilai keseluruhan: 10.3–25.0
Pengajaran: 24.2
Penelitian: 12.3
Kutipan (citations): 13.1
Pendapatan industri: 56.7
Pandangan internasional: 38.4

5. Universitas Padjajaran

Pada posisi ke lima adalah jurusan kedokteran di Universitas Padjadjaran yang masuk dalam daftar terbaik di Indonesia.

Nilai keseluruhan: 10.3–25.0
Pengajaran: 22.5
Penelitian: 8.6
Kutipan (citations): 14.5
Pendapatan industri: 40.5
Pandangan internasional: 22.0

Nah, dari 5 daftar kampus kedokteran terbaik versi WUR 2021, mana yang kira-kira menjadi tujuan pendidikan kamu nih? Apa pun yang menjadi tujuan kamu, semoga kamu dimudahkan dalam proses pendaftaran, dan bisa diterima menjadi mahasiswa kedokteran ya.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai, 5 Kampus Kedokteran Terbaik di Indonesia. Untuk kamu yang membutuhkan informasi beasiswa pendidikan kamu bisa membaca dalam: Informasi Beasiswa Terbaru. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam.

Ramai Dibaca Nih
Software Payroll Terbaik
Penggajian Karyawan Dengan Software Payroll Terbaik