Kampus Jurusan Musik Terbaik di Indonesia

5 Kampus Jurusan Musik Terbaik di Indonesia

Suaramilenial.id Hai kamu tentu manusia yang tidak lepas dari namanya musik. Setiap dari kita memiliki ‘rasa’ terhadap musik, sebagai penikmat musik paling tidak. Lebih jauh, bisa jadi kamu adalah pencipta musik itu sendiri. Nah, kalau kamu mau serius di bidang musik, kamu bisa pilih 5 kampus jurusan musik terbaik yang ada di Indonesia untuk tujuan pendidikan kamu.

Musik tidak terpisahkan dari kehidupan sebagian besar manusia. Apa lagi generasi muda, generasi milenial seperti kamu tentu saja tidak lepas dari aktivitas mendengarkan musik. Hampis setiap hari dalam hidup terasa ada yang kurang dan nggak enak kalo tanpa musik.

Keberadaan musik begitu penting bagi kehidupan. Maka, peran seorang pemain musik tentu sangat dibutuhkan agar tetap bisa meneruskan keberlanjutan industri ini. Apa lagi dalam era serba  digital seperti saat ini, industri musik digital juga tumbuh subur, menghadirkan berbagai jenis musik, melahirkan musisi-musisi baru yang beraneka ragam.

Nah, buat kamu yang pengen terjun ke dunia permusikan menjadi ahli musik, menjadi musisi, menambah warna musik di Indonesia bahkan dunia. Kamu wajib banget buat cek 5 kampus dengan jurusan musik di Indonesia berikut ini!

1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

IKJ merupakan salah satu kampus almamater para seniman Indonesia, termasuk para pemusik atau musisi. Jurusan Seni Musik IKJ sudah banyak melahirkan musisi terkenal Indonesia. Nama-nama besar seperti Iwan Fals, Ipang dan Naif, tentu lagu-lagu mereka sudah tidak asing dalam telinga kita.

Nah, kamu bisa menjadi generasi musisi selanjutnya yang juga lahir dari kampus IKJ ini. Jurusan S1 Seni Musik IKJ berada di bawah Fakultas Seni dan Pertunjukan. Juruasan ini bersama dengan jurusan Seni Tari, Seni Teater, Etnomusikologi, dan Antropologi Tari.

IKJ sendiri diresmikan pada tahun 1976 oleh Presiden Soeharto. Lebih lengkap info tentang IKJ dapat kamu lihat di www.ikj.ac.id.

2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

ISI merupakan kampus dengan jurusan seni tertua di Indonesia. Institut seni yang terletak di kota pelajar ini sudah mencetak seniman-seniman besar tanah air seperti Butet Kartaredjasa, Edhi Sunarso, Didik Nini Thowok, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang ingin masuk jurusan seni musik ISI. Bidang musik, jurusan S1 Seni Musik ISI Yogyakarta berada di bawah Fakultas Seni Pertunjukan bersama dengan jurusan seni lainnya, mulai dari etnomusikologi, penciptaan musik, tari dan teater, karawitan, hingga pendalangan.

Apakah kamu seniman besar Indonesia selanjutnya? Kamu bisa meritis melalui ISI Yogyakarta. Lebih lengkap informasi tentang ISI Yogyakarta bisa dilihat di www.isi.ac.id

3. Institut Seni Indonesia Padang Panjang

ISI Padang Panjang didirikan sejak tahun 1956, kampus menjadi salah satu kampus negeri dengan jurusan Seni Musik tertua yang ada di Pulau Sumatera.

Jadi buat kamu yang berada di Pulau Sumatera, kamu bisa mendapatkan pendidikan seni musik di kampus ISI Padang Panjang ini. S1 Seni Musik di ISI Padang Panjang berada di bawah naungan Fakultas Seni Pertunjukan, bersama dengan Seni Tari, Seni Teater, dan Seni Karawitan.

Lebih lengkap informasi tentang ISI Padang Panjang bisa kamu lihat di www.isi-padangpanjang.ac.id.

4. Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB)

Bandung menjadi salah satu kota yang melahirkan banyak musisi ternama Inonesia. Kota kembang ini, memiliki sekolah musik bernama Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB).

STiMB menawarkan dua program studi Seni Musik, yaitu D3 Penyaji Musik Populer dan S1 Seni Musik. Nah kamu yang memiliki bakat di bidang seni musik bisa banget menjadikan STiMB sebagai rujukan pendidikan musik kamu.

Untuk Informasi lengkap tentang jurusan Seni Musik STiMB bisa dilihat di www.sekolahtinggimusik.com.

5. Universitas Pelita Harapan (UPH)

UPH menjadi salah satu universitas swasta yang memiliki fakultas S1 Seni Musik dengan berbagai program studi menarik seperti Classical Performance, Jazz & Pop Music Performance, hingga Music Education.

Selama ini, program studi Seni Musik UPH telah mencetak banyak pemusik di tanah air, seperti Cantika Abigail, Dira Sugandi, Almira Sarimaja Jusuf, dan masih banyak lagi.

Nah, kamu bisa menjadi generasi selanjutnya dari almamater para musisi hebat tanah air ini. Lihat info lengkapnya di www.music.uph.edu

Bagaimana apakah dari 5 kampus ada yang menjadi tujuan kamu? Semua bisa kamu capai! Namun kamu juga perlu untuk mempersiapkan dana pendidikan kamu! Bagaimana caranya? Kamu bisa memulai dengan menabung, selengkapnya bisa baca: metode mengelola keuangan yang berhasil untuk biaya pendidikan!

Demikian pembahasan kali ini mengenai 5 Kampus Jurusan Musik Terbaik di Indonesia semoga bermanfaat, dan untuk kamu yang sedang mencari beasiswa dapat menuju informasi beasiswa lengkap: Info Beasiswa Terbaru. Kampus apa pun yang menjadi tujuan kamu, semoga kamu dimudahkan. Terima kasih, salam suara milenial.

Ramai Dibaca Nih
Generasi Milenial
Apa Kamu Termasuk Generasi Milenial?