5 Cara Mengatur Keuangan Yang Benar

5 Cara Mengatur Keuangan Yang Benar

Suaramilenial.id Keuangan menjadi salah satu poin penting yang patut kamu perhatikan. Jika tidak, maka kamu akan mengalami kesulitan keuangan di masa mendatang. Tentu saja kamu tidak menginginkan hal buruk terjadi dengan keuanganmu. Maka, kamu perlu melakukan 5 cara mengatur keuangan yang benar.

Cara mengatur keuangan yang baik, tidak lain untuk mendukung dan mempersiapkan masa depan yang lebih pasti. Walau kita semua tahu, tidak ada yang benar-benar pasti dalam hidup ini, selain ke tidak pastian itu sendiri.

Namun, dengan kita merencanakan keuangan secara baik, maka berbagai hal buruk yang mungkin saja akan terjadi pada kita, dapat kita cegah atau minimalisir. Dan semua itu, mewajibkan kita untuk merancang strategi yang tepat, terutama dalam hal keuangan.

Kita telah banyak mendengar cerita, atau melihat secara langsung dari lingkungan kita, bagaimana orang yang berhasil dalam hidup karena mampu mengelola keuangan dengan baik. Sebaliknya, banyak orang yang keuangannya amburadul karena salah dalam menentukan pengelolaan.

Apa saja cara yang bisa kamu lakukan agar keuangan kamu tetap stabil dan baik saat ini dan masa depan? Berikut adalah 5 Cara Mengatur Keuangan Yang Benar:

1. Mulai Membuat Anggaran Pengeluaran

Cara Membuat Anggaran Pengeluaran Bulanan Suara Milenial

Coba jujur pada diri sendiri, apakah setiap bulan telah membuat anggaran pengeluaran? Kebanyakan orang lupa untuk membuat anggaran pengeluaran, mereka hanya mengira atau bahkan sama sekali tidak membuat anggaran pengeluaran.

Kebanyakan orang, termasuk generasi muda dan generasi milenial, masih melakukan cara lama, yaitu menghitung pendapatan total, lalu membelanjakan untuk kebutuhan mereka. Ini, hanya usaha menjumlah dan mengurangi. Tidak pernah ada uraian apakah pengeluaran mereka perlu atau tidak perlu.

Jika kamu ingin memiliki keuangan yang baik untuk masa kini dan masa depan. Maka, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat anggaran pengeluaran kamu. Ini menjadi kunci, dan kamu harus benar-benar konsisten melakukan ini setiap bulan.

Ketika kamu memiliki anggaran bulanan, maka kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan kamu. Karena, bisa kita ibaratkan keuangan kamu itu seperti BBM yang ada dalam kendaraan, ketika kendaraan terus kamu pakai, maka BBM akan semakin menipis.

Maka, kamu harus tahu seberapa jauh kebutuhan perjalananmu dan seberapa besar BBM yang kamu miliki. Jangan sampai kamu kehabisan BBM di tengah perjalanan, sehingga kamu akan mengalami kesulitan.

Nah, dalam keuangan juga seperti itu. Setiap bulan kamu memiliki pendapatan bulanan, maka kamu juga perlu mengatur atau membuat anggaran pengeluaran bulanan.  Kamu harus detail, apa saja yang kamu butuhkan, pengeluaran apa saja yang paling perlu sampai tidak perlu.

Penting juga, agar kamu membuat anggaran pengeluaran ini, dengan memperhatikan kebutuhan masa depan. Misalnya, kebutuhan menabung untuk membeli rumah, atau investasi lainnya. Dan ini harus kamu lakukan setiap bulan secara rutin.

Sebagian orang termasuk kamu mungkin akan merasa bosan melakukan penganggaran pengeluaran setiap bulan. Namun, ini akan sangat bermanfaat. Maka kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi pencatatan keuangan digital agar kamu bisa lebih mudah dalam membuat anggaran bulanan kamu.

2. Cerdas Dalam Berbelanja

Tips Mengatur Keuangan Denggan Cerdas Dalam Berbelanja

Kamu harus cerdas dalam berbelanja, apa lagi saat ini penawaran produk melalui situs belanja Online sangat menggiurkan, dan tidak jarang membobol anggaran keuangan bulanan kamu. Maka, kamu perlu melakukan komitmen dan tentu saja membiasakan untuk cerdas dan hemat dalam berbelanja.

Jika kamu bisa mengatur pengeluaran, mengatur belanja yang tepat, maka kamu akan mudah dalam melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Misalnya dengan memahami kebutuhan, memahami kualitas, dan yang terpenting tentu saja memahami harga terbaik sesuai dengan keuangan kamu.

Caranya sederhana; sebelum belanja, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu melalui internet untuk mengetahui perbedaan harga antara satu dan yang lainnya. Kamu harus benar-benar mendapatkan barang sesuai dengan keuangan dan kualitas yang sesuai kebutuhan kamu.

Juga patut diingat, jangan sampai kamu tergiur dengan produk yang memang kamu tidak butuhkan. Karena di era digital, dengan adanya kemudahan informasi dan transaksi, sering kali membuat kita terlena untuk belanja sesuatu yang kita tidak perlukan.

3. Mulailah Investasi

Investasi Untuk Keuntungan Masa Depan

Banyak yang belum menjadikan instrumen investasi dalam pengelolaan pendapatan mereka. Hal ini, bisa disebabkan oleh banyak faktor, namun secara umum karena pemahaman tentang investasi yang masih rendah.

Bagi kamu generasi muda, tentu jauh lebih memiliki banyak pengetahuan mengenai investasi. Sehingga, kamu bisa paham apa itu investasi, minimal mampu membedakan antara investasi yang baik, dan investasi berisiko atau malah investasi bodong.

Sering kali kasus investasi bodong atau kejahatan berkedok investasi menjadi penyebab orang kemudian alergi atau enggan dengan kata investasi. Padahal, investasi memiliki pemaknaan yang luas.

Kamu, perlu untuk mulai melakukan investasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan kamu. Misalnya, dengan mulai melakukan investasi jangka pendek dengan mengikuti deposito, atau reksa dana. Model investasi ini sudah sangat umum menjadi produk bank, dan tentu saja aman bagi kamu yang baru memulai investasi.

Tenang, model investasi seperti deposito ini  memiliki jangka waktu yang pendek. Sehingga kamu bisa mencairkan atau menggunakan dana kamu ketika memang mendesak. Namun, kamu juga perlu mempersiapkan instrumen investasi jangka panjang.

Mengapa investasi jangka panjang ini penting? Misalnya untuk kebutuhan kamu dalam beberapa tahun mendatang, kebutuhan memenuhi keuangan kamu, atau meraih cita-cita kamu di masa mendatang. Tentu yang terpenting, agar keuangan kamu hari ini juga dapat tetap kamu gunakan dan miliki di masa mendatang.

4. Rajin Menabung Adalah Cara Mengatur Keuangan Yang Benar

Cara Mengatur Keuangan Dengan Membiasakan Menabung

Salah satu nasihat yang sering kita dengar adalah rajinlah menabung. Mungkin sebagian dari kamu juga mendapat nasihat yang sama dari orang tua kalian. Apa lagi bagi yang baru memasuki dunia kerja, pasti nasihat untuk menabung dari hasil pekerjaan menjadi salah satu pesan kedua orang tua.

Pesan rajin menabung ini memang sangat berguna bagi kamu. Sebagian besar orang yang memang sudah memiliki kebiasaan menabung tentu tidak akan kesulitan dalam mengatur keuangan mereka, karena sudah memiliki kebiasaan baik perihal prioritas keuangan.

Nah, buat kamu yang belum memiliki kebiasaan menabung, atau masih sulit. Kamu perlu banget untuk memulai menabung dari hasil gaji atau pendapatan bulanan kamu. Berapa sih yang sebaiknya kamu tabung? Untuk keuangan yang baik, paling tidak kamu bisa menyisihkan 20% pendapatan kamu untuk tabungan kamu.

Tapi kamu bisa menghitung terlebih dahulu apa saja kebutuhan atau pengeluaran wajib kamu. Dari semua pengeluaran itu, jika ternyata masih menyisihkan lebih dari 20% ya kamu bisa menabung lebih dari 20% pendapatan kamu.

Perihal berapa idealnya anggaran untuk tabungan kamu, sebaiknya kamu perhitungkan dengan baik. Selain itu kamu juga perlu untuk mengetahui jenis tabungan yang akan kamu gunakan. Di Indonesia berbagai lembaga keuangan seperti Bank memiliki program tabungan yang beragam yang menyesuaikan dengan berbagai tipe nasabah.

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut mengenai tabungan dan berbagai produk tabungan yang ada di perbankan melalui artikel berikut ini: Tabungan Berjangka Untuk Milenial Dan Berbagai Keuntungannya

Semakin banyak yang kamu alokasikan untuk tabungan kamu, maka akan semakin aman keuangan kamu di masa mendatang. Paling tidak, kamu akan tetap aman ketika terjadi sesuatu. Misalnya, tiba-tiba kamu tidak dapat bekerja lagi, maka kamu masih bisa menggunakan tabungan kamu sembari kamu mencari pekerjaan baru.

5. Cermat Menggunakan Kartu Kredit

Tips Hemat Kartu Kredit

Bagi sebagian orang memiliki kartu kredit adalah hal wajib karena memudahkan dalam transaksi dan talangan kebutuhan keuangan jangka pendek. Namun bagi sebagian yang lain, kartu kredit bisa menjadi beban keuangan jangka panjang.

Kepemilikan kartu kredit kini sudah sangat umum, bahkan sudah berkembang begitu pesat dengan berbagai jenis yang beragam peruntukan atau keuntungan yang ditawarkan. Saat ini juga kita telah mengenal yang namanya kartu kredit Online atau digital.

Kartu kredit yang dulu merupakan produk bank dan penggunanya orang-orang tertentu yaitu nasabah bank yang memiliki syarat khusus. Kini, kartu kredit bahkan berbentuk aplikasi, model pakai dulu bayar nanti misalnya.

Nah, dengan berbagai kemudahan atau varian yang ada dari kartu kredit ini. Kamu perlu berhati-hati dan cermat. Jangan sampai kamu terlena dalam menggunakan kartu kredit. Kamu harus mengukur kemampuan keuangan kamu, dan tentu saja bijak dalam menggunakan kartu kredit.

Walau sering kali ada tawaran diskon atau potongan harga yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan kartu kredit, namun kamu perlu berhitung bahwa ada biaya yang akan kamu bayar kemudian untuk transaksi yang kamu lakukan.

Kesimpulan Cara Mengatur Keuangan Yang Benar

Pada dasarnya setiap orang ingin memiliki kepastian keuangan baik untuk masa saat ini atau masa mendatang. Namun tidak semua orang mau merencanakan dan mengatur keuangan mereka secara baik dan benar. Maka, tidak jarang kita menemukan kasus orang-orang yang awalnya memiliki banyak uang atau aset, kemudian tidak memiliki uang yang cukup karena gagal atau salah dalam mengelola keuangan.

Bagi generasi muda, generasi milenial seperti kamu, menjadi penting untuk sadar keuangan dan cerdas dalam menentukan prioritas keuangan kamu baik untuk jangka pendek saat ini, jangka menengah bahkan jangka panjang.

Dengan kamu menerapkan 5 cara mengatur keuangan yang benar seperti telah kita bahas dalam artikel Cerdas Finansial kali ini. Maka kamu akan terhindar dari risiko keuangan di masa mendatang. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi bahan tambahan pengetahuan kamu seputar keuangan. Terima kasih, salam. RAR SuaraMilenial.id

Ramai Dibaca Nih
Kampus Jurusan Musik Terbaik di Indonesia
5 Kampus Jurusan Musik Terbaik di Indonesia