Beasiswa LPDP 2020

5 Beasiswa Kuliah di Belanda

Suaramilenial.id Apakah kamu salah satu orang yang memiliki cita-cita untuk bisa kuliah ke Eropa? Jika demikian, maka kamu perlu banget mengetahui beasiswa kuliah di Eropa. Salah satunya adalah beasiswa kuliah di Belanda.

Kampus-kampus Eropa masih menjadi salah satu destinasi favorit bagi mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Belanda menjadi salah satu negara yang memiliki ikatan sejarah panjang dengan Indonesia.

Negara belanda sudah sangat populer bagi kalangan pelajar Indonesia, terutama pelajar yang gemar berburu beasiswa. Belanda memiliki daya tarik tersendiri, selain memiliki budaya yang familiar, kuliner lokal yang lezat, juga karena kampusnya.

Kita tahu berbagai kampus yang ada di Belanda adalah perguruan tinggi terbaik yang bahkan masuk ke jajaran kampus top dunia. Jadi, sudah barang tentu tepat jika kamu menargetkan untuk bisa mengincar salah satu kampus terbaik dunia.

Nah, untuk kamu yang memiliki rencana untuk melanjutkan kuliah dengan beasiswa luar negeri. Kamu bisa banget memantau 5 daftar beasiswa kuliah luar negeri berikut ini!

Studeren in Nederland (STUNED)

Beasiswa pertama yang bisa kamu coba menjadi pembiayaan kamu kuliah di Belanda adalah STUNED. Beasiswa dari pemerintah Belanda ini merupakan bagian dari kerja sama bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia.

Beasiswa Studeren in Nederland ini memiliki tujuan untuk membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Beasiswa ini memiliki dua program studi internasional dalam bahasa Inggris yang tersedia yaitu short course (2-12 minggu) dan master course (12-24 bulan).

Beasiswa STUNED sendiri meliputi uang kuliah (maksimal EUR 20.000 per tahun), biaya hidup (uang bulanan), biaya perjalanan internasional dan lokal, dan biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi.

Jika kamu perhatikan, biaya yang ada sudah sangat cukup kan untuk kebutuhan studi kamu. Kapan lagi kamu biasa kuliah Belanda tanpa pusing memilirkan biaya. Oleh karena itu, kamu perlu tuh pantengin pembukaan beasiswa STUNED ini.

Nah, untuk persiapan pendaftaran kamu harus memiliki surat penerimaan atau Letter of Acceptance (LoA) dari universitas di Belanda untuk bisa mendaftar STUNED. Kamu bisa kok pertama-tama memulai mencari LoA dulu sehingga nanti mudah dalam mencari pendanaan beasiswa.

Orange Knowledge Programme

Beasiswa kuliah Belanda yang kedua adalah Orange Knowledge Programme. Mungkin kamu lebih kenal nama program ini dengan nama yang sebelumnya yaitu Netherlands Fellowship Programme (NFP).

Benar! Beasiswa yang ini didanai oleh Ministry of Foreign Affairs of the Netherlands. Program beasiswa kuliah Belanda ini diadakan demi meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan kualitas individual ataupun institusi pendidikan tinggi serta kejuruan.

Bagi kamu yang minat dengan beasiswa NFP ini, kamu bisa mendapatkan beasiswa Orange Knowledge Programme dengan mengikuti persaingan dari 51 negara lain yang juga menjadi fokus beasiswa ini.

Tapi jangan khawatir, walau kamu harus bersaing dengan 51 negara berbeda, yang tentu saja jumlah pelamar beasiswa ini cukup besar. Tetapi, selama kamu yakin dan bisa, selalu ada jalan. Ini juga pembuktian awal loh, jika kamu lolos, kamu adalah orang terbaik dari 51 negara. Keren!

Nah, untuk pelamar dari Indonesia, bidang yang menjadi prioritas adalah Rule of Law, Water, Agriculture, dan Sustainable Entrepreneurship. Jika kamu memiliki ketertarikan dalam bidang ini, dan ingin memperdalam. Tepat sekali.

Setidaknya, ada dua program yang tersedia dalam beasiswa ini yaitu master course dan short course. Kamu tinggal pilih salah satu sesuai dengan perencanaan pendidikan kamu. Selamat mencoba!

Orange Tulip Scholarship (OTS)

Ketiga adalah beasiswa OTS! Beasiswa yang satu ini merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Institusi Pendidikan Tinggi Belanda, perusahaan Belanda dan pemerintah Indonesia bagi Warga Negara Indonesia.

Beasiswa OTS ini menjadi berbeda dengan beasiswa lain, Orange Tulip Scholarship ini menyediakan program foundation yaitu sebuah program bimbingan untuk kamu yang belum memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Nah, jika selama ini kamu terkendala dalam urusan bahasa. Maka OTS ini bisa menjadi solusi untuk kamu. Sehingga upaya kamu ke luar negeri tidak lagi terhalangi bahasa.

Untuk jenjang studi yang tersedia dalam beasiswa ini adalah Bachelor (S1) dan Master (S2). Ada lebih dari 36 beasiswa dalam OTS dengan nilai total lebih dari EUR 656,000 untuk jenjang Foundation, Bachelor dan Master.

Oh iya, ebagai informasi tambahan, beasiswa ini masuk kategori beasiswa parsial ya. Selain itu beasiswa ini hanya berlaku untuk universitas tertentu di Belanda. Jadi kamu pastikan cek terlebih dahulu apakah universitas yang akan kamu tuju tersedia program beasiswa OTS ini.

Holland Scholarship

Kemudian adalah beasiswa Holland Scholarship!Beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa yang bisa kamu ajukan agar bisa kuliah di Belanda tanpa biaya.

Nah untuk beasiswa ini dibiayai oleh Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda yang bekerja sama dengan universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda.

Beasiswa Holland Scholarship khusus ditujukan bagi pelajar internasional dari luar Area Ekonomi Eropa (EEA) yang ingin menempuh program studi bachelor dan master.

Total dana yang disediakan untuk beasiswa ini adalah EUR 5,000 dan akan diberikan di tahun pertama studi. Bisa jadi alternatif pendanaan kuliah kamu kan!

Beasiswa dari Pemerintah Indonesia

Tidak kalah penting untuk kamu kejar adalah beasiswa dari Indonesia. Salah satunya dalah Beasiswa LPDP. Kamu perlu untuk mempertimbangkan pembiayaan dari dalam negeri jika kamu ingin kuliah di Belanda.

Pemerintah sendiri melalui LPDP selalu membuka beasiswa luar negeri baik untuk s1, s2 bahkan s3. Semua selalu terbuka, tinggal bagaimana kamu mengejar untuk bisa lolos LPDP.

Setidaknya ada dua program beasiswa yang bisa kamu ajukan yaitu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan beasiswa Kominfo. Kedua beasiswa ini rutin dibuka setiap tahun, sehingga kamu memiliki kesempatan penuh untuk mencoba beasiswa ini.

Kamu bisa tuh pantau perkembangan beasiswa LPDP melalui akun sosial media mereka, yang memang selalu update. Dan kamu bisa banget terus mempersiapkan diri agar bisa lolos beasiswa LPDP ini.

Nah, dari lima daftar beasiswa untuk kuliah di Belanda, mana yang menurut kamu paling sesuai dengan kebutuhan kamu? Semoga kamu beruntung ya dan bisa melanjutkan pendidikan ke Belanda!

Informasi Program Beasiswa lainnya, beasiswa s1, beasiswa s2, beasiswa s2, beasiswa dalam dan luar negeri, silakan klik tautan berikut: Info Beasiswa Lengkap

Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga kamu berhasil!

Ramai Dibaca Nih
Lelaki Ideal Dalam Maskulinitas Baru
Lelaki Ideal Dalam Maskulinitas Baru