Jenis Kartu Debit Mandiri

3 Jenis Kartu Debit Mandiri dan Syarat Membuat

Suaramilenial.id Bank Mandiri adalah satu Bank besar di Indonesia.  Bank ini memiliki berbagai produk yang selama ini menjadi andalan bagi masyarakat di Indonesia. Salah satu produknya adalah kartu debit mandiri, apa saja jenis kartu debit mandiri? Mari kita simak artikel berikut:

Kartu Debit Mandiri adalah layanan yang diberikan kepada nasabah Bank Mandiri Tabungan atau Giro perorangan. Layanan ini dapat digunakan untuk keperluan transaksi melalui mesin ATM dan Electronic Data Capture (EDC).

Seperti kita ketahui, Indonesia sudah memiliki sistem pembayaran domestik atau kita kenal dengan istilah Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Sebagai upaya mendukung GPN maka, Bank Mandiri menerbitkan tiga jenis kartu debit GPN.

Tercatat ada 3 jenis kartu debit Mandiri GPN yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Setiap jenis, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Kartu Debit Mandiri Silver

Kartu Debit Mandiri Silver

Pertama yaitu Kartu Debit Mandiri Silver. Bagi kamu pemegang kartu debit Mandiri Silver, maka akan dikenakan biaya administrasi sebesar dua ribu Rupiah saja setiap bulannya. Ini tentu biaya yang sangat murah jika dibandingkan dengan tipe kartu debit lainnya.

Di Bank Mandiri sendiri, untuk urusan biaya administrasi memang Mandiri Silver inilah yang paling kecil dibandingkan tiga kartu debit Mandiri lainnya. Tidak heran, jika kartu ini memiliki peminat yang cukup banyak.

Namun, kartu debit ini tidak cocok untuk kamu yang memiliki transaksi besar. Mengapa? Karena kartu debit Bank Mandiri ini memiliki batasan atau limit transaksi terbilang kecil, dengan limit (per hari) sebagai berikut:

  1. Limit penarikan tunai: 10 juta Rupiah
  2. Batas transfer sesama Bank Mandiri: 25 juta Rupiah
  3. Limit transfer antar Bank: 5 juta Rupiah
  4. Jika melakukan pembayaran tagihan menggunakan mesin ATM, limit maksimumnya adalah: 5 juta Rupiah
  5. Sedangkan, jika melakukan pembayaran tagihan menggunakan mesin EDC, limitnya adalah: 1 juta Rupiah
  6. Limit transaksi di merchant menggunakan mesin EDC: 25 juta Rupiah
  7. Batas untuk penarikan tunai via merchant atau mesin EDC: 1 juta Rupiah
  8. Limit setor tunai (CDM): 5 juta Rupiah
  9. Limit isi ulang Mandiri Prepaid: 1 juta Rupiah
  10. Selain itu, kartu Debit Mandiri Silver juga menyediakan layanan isi ulang produk telekomunikasi sampai dengan 1 Juta Rupiah.

Memang, bagi kamu yang keperluan transaksinya tidak besar, fitur kartu debit silver ini sudah cukup pas. Juga bagi kamu yang mungkin baru pertama kali membuka rekening atau berencana menggunakan kartu debit untuk alat transaksi sehari-hari.

Akan tetapi bagi kamu yang memiliki tingkat transaksi cukup besar setiap harinya, kartu debit ini tentu kurang cocok. Namun demikian kamu tidak perlu khawatir, karena ketika nanti membutuhkan limit yang lebih besar kamu bisa upgrade atau ganti kartu. Kabar baiknya tidak akan ada biaya tambahan yang dikenakan.

2. Kartu Debit Mandiri Gold

Kartu Debit Mandiri Gold

Jenis Kartu Debit Mandiri Gold, adalah jenis kartu kredit yang berada satu tingkat di atas Kartu Debit Mandiri Silver, baik dari segi biaya administrasi atau pun fitur dan layanan yang diberikan.

Untuk pengguna kartu debit Mandiri Gold kamu akan dikenakan biaya administrasi bulanan sebesar 4.500 Rupiah per bulan. Angka ini sebenarnya masih sangat terjangkau di bandingkan dengan kartu debit sejenis di berbagai bank lain.

Limit per hari yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan kartu debit Mandiri Gold ini juga sudah cukup besar. Bagi kamu yang memiliki usaha toko online rintisan, rasa-rasanya menggunakan kartu debit ini sudah bisa memenuhi kebutuhan transaksi harian kamu. Selengkapnya limit (per hari) Mandiri Gold sebagai berikut:

  1. Limit penarikan tunai: 10 juta Rupiah
  2. Batas transfer sesama Bank Mandiri: 50 juta Rupiah
  3. Limit transfer antar Bank: 10 juta Rupiah
  4. Jika melakukan pembayaran tagihan menggunakan mesin ATM, limitnya adalah: 50 juta Rupiah
  5. Pembayaran tagihan menggunakan mesin EDC, limit yang diberikan sebesar: 2 juta Rupiah
  6. Limit transaksi di merchant menggunakan mesin EDC: 50 juta Rupiah
  7. Batas untuk penarikan tunai via merchant atau mesin EDC: 1 juta Rupiah
  8. Limit setor tunai (CDM): 10 juta Rupiah
  9. Batas isi ulang Mandiri Prepaid: 1 juta Rupiah
  10. Limit top up produk telekomunikasi, limit yang diberikan sebesar 5 juta Rupiah.

Bukankah fasilitas di atas sudah sangat menguntungkan bagi Anda yang cukup sering melakukan kegiatan transaksi. Oh iya, jika kartu debit kamu rusak atau ingin melakukan upgrade ke kartu dengan limit yang lebih besar, kamu juga tidak akan dikenakan biaya tambahan alias gratis.

3. Kartu Debit Mandiri Platinum

Kartu Debit Mandiri Platinum

Untuk kamu yang membutuhkan kartu debit dengan fitur transaksi yang lebih tinggi, maka jawabannya adalah Kartu Debit Mandiri Platinum. Dengan menggunakan kartu debit ini, kamu akan leluasa dalam melakukan transaksi dalam jumlah yang lebih besar.

Namun demikian, Bank Mandiri ternyata membebankan biaya administrasi yang cukup terjangkau, yaitu hanya 7.500 Rupiah saja. Biaya ini sangat ringan jika dibandingkan dengan fitur dan limit yang lebih besar. Lebih lengkap mengenai limit hariannya sebagai berikut:

  1. Limit penarikan tunai: 10 juta Rupiah
  2. Batastransfer sesama Bank Mandiri: 100 juta Rupiah
  3. Limit transfer antar Bank: 25 juta Rupiah
  4. Pembayaran tagihan menggunakan mesin ATM, limitnya adalah: 100 juta Rupiah
  5. Pembayaran tagihan menggunakan mesin EDC, limit yang diberikan sebesar: 3 juta Rupiah
  6. Limit transaksi di merchant menggunakan mesin EDC: 100 juta Rupiah
  7. Batas untuk penarikan tunai via merchant atau mesin EDC: 1 juta Rupiah
  8. Limit setor tunai (CDM): 20 juta Rupiah
  9. Batas isi ulang Mandiri Prepaid: 1 juta Rupiah

Nah menariknya, jika sebelumnya untuk ugrade gratis, ternyata untuk downgrade justru ada biaya administrasi. Jadi bagi kamu yang ingin melakukan downgrade kartu debit Mandiri Gold dan Platinum harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar 15 ribu Rupiah.

Syarat-Syarat Membuat Kartu Debit Mandiri

Apa saja syarat yang kamu butuhkan untuk membuat kartu debit mandiri? Syaratnya hampir sama dengan produk kartu debit pada berbagai bank umumnya. Syarat standar administrasi dan dokumen kependudukan, sebagai berikut:

  1. Kartu identitas Warga Negara Indonesia: Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  2. Khusus Warga Negara Asing: Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP
  3. Untuk pelajar kartu identitas yang dibutuhkan adalah Kartu Pelajar
  4. Kartu Keluarga
  5. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai 3 Jenis Kartu Debit Mandiri. Dari ketiga jenis Kartu Debit Mandiri GPN di atas, mana yang paling sesuai untuk kamu. Tentu kamu perlu mempertimbangkan pemilihan kartu debit beserta keuntungan dan syarat pembuatannya.

Kartu debit Mandiri GPN memiliki kekurangan yaitu hanya dapat digunakan di Indonesia. Untuk bisa digunakan di luar negeri, maka kamu perlu kartu debit berlogo visa, untuk kartu debit yang berlogo Visa biaya administrasinya tentu lebih tinggi. Terima kasih sudah membaca, salam Suara Milenial.

Ramai Dibaca Nih
10 Tanaman Untuk Segarkan Suasana Rumah