Kampus Terbaik di Dunia

10 Kampus Terbaik Di Dunia Impian Setiap Orang!

Suaramilenial.id Setiap dari kita tentu menginginkan pendidikan terbaik. Bisa mendapatkan pendidikan sesuai dengan keinginan, salah satunya bisa masuk kampus terbaik di dunia.

Memimpikan untuk bisa menjadi mahasiswa di kampus terbaik memag sah-sah saja. Tidak hanya sekedar mimpi, kamu juga wajib untuk memperjuangkan mimpi kamu menjadi nyata.

Tidak hanya akan membahagiakan kamu, namun juga akan membahagiakan hati orang tua, sahabat dan kerabat kamu. Siapa sih yang tidak bangga ketika anaknya masuk universitas-universitas terbaik di dunia.

Mengapa Memilih Kampus Terbaik Menjadi Penting?

Walau tidak menjamin 100% kesuksesan seseorang, namun pemilihan kampus yang baik dapat memudahkan seseorang mencapai tujuan yang mereka cita-citakan. Ketika kamu berada dalam tempat yang tepat, maka kamu akan semakin mudah dalam mencapai apa impian kamu.

Maka, menjadi penting dalam memilih kampus terbaik. Apa lagi ketika kamu bisa berada di kampus terbaik dunia. Tentu kamu akan berkesempatan mendapatkan pendidikan kualitas terbaik, dengan iklim belajar yang tentu lebih baik.

Ingat! Pendidikan menjadi salah satu cara manusia dalam merubah mindset agar menuju ke arah lebih baik. Pendidikan juga telah terbukti menjadi salah satu indikator agar manusia dapat bangkit dari keterpurukan ekonomi atau garis kemiskinan.

Peringkat Kampus Terbaik Dunia

Memilih kampus terbaik salah satunya melalui rilis lembaga pemeringkatan yang selalu diperbaharui mengenai kampus terbaik. Salah satu lembaga yang melakukan pemeringkatan universitas-universitas terbaik di dunia adaah Webometrics.

Dalam melakukan rangking, Ada empat aspek yang menjadi dasar penilaian pemeringkatan oleh Webometrics, yaitu Presence, Visibility, Transparency, dan Excellence.

Nah, dari 4 komponen tersebut, aspek Visibility atau jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke laman web institutusi, menjadi aspek dengan bobot tertinggi, yakni 50 persen dari total bobot keempat aspek.

Berdasarkan penilaian tersebut, berikut ini Daftar 10 Kampus Terbaik Tingkat Dunia:

1. Harvard University

Siapa yang tidak tahu Harvard University? Sebagian besar dari kita tentu tidak asing dengan kampus yang satu ini. Nah, Harvard University ini menduduki peringkat pertama universitas terbaik di dunia.

Harvard berbasis di Cambridge dan Boston, Massachusetts dan memiliki lebih dari 20.000 calon lulusan, termasuk mahasiswa sarjana, pascasarjana, dan profesional.

Universitas yang didirikan pada tahun 1636 ini menjadi institusi pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat (AS).

Harvard tercatat memiliki lebih dari 360.000 alumni yang berasal dari seluruh dunia. Salah satu tokoh dunia yang menjadi alumni Harvard University adalah pemilik Facebook Mark Zuckerberg.

Selain Mark, banyak tokoh dunia lain yang merupakan alumni dari harvard University. Apakah kamu alumni selanjutnya? Selalu ada kesempatan, selalu ada jalan, tinggal bagaimana kamu berusaha menggapainya!

2. Stanford University

Peringkat kedua kampus terbaik dunia adalah Stanford University. Universitas ini menjadi impian orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Banyak tokoh penting dunia yang merupakan alumni kampus ini.

Kita ingat, pada Global Entrepreneurship Summit tahun 2016 yang diadakan Stanford, Barack Obama memuji universitas ini sebagai: “Sebuah tempat yang merayakan kemampuan manusia untuk menemukan, mempelajari, membangun, mempertanyakan, membayangkan kembali, membuat cara baru untuk terhubung dan bekerja sama dengan orang lain.”

Sebuah pujian yang sangat berdasar dari Obama, karena memang begitulah gambaran utama dari Stanford University. Tidak heran jika, banyak orang yang berlomba-lomba untuk dapat menjadi mahasiswa di kampus ini.

Stanford University sendiri mulai dibuka pada tahun 1891 dan berlokasi di Stanford, California. Sampai saat ini, Stanford terdiri atas 7 sekolah dan 18 institut interdisiplin, serta memiliki lebih dari 16.000 mahasiswa dan 2.100 fakultas.

Nah, apakah kamu salah satu yang akan menjadi alumni terbaik dari Standford? Sudah siap untuk menjadi mahasiswa terbaik Standford? Kamu perlu mempersiapkan diri untuk cita-cita kamu itu.

3. Massachusetts Institute of Technology ( MIT)

MIT didirikan pada tahun 1861, kampus ini terletak di Cambridge. MIT memiliki motto Mens et manus atau pikiran dan tangan. Kampus ini menempati peringkat ketiga universitas terbaik di dunia versi Webometrics.

Kampus ini menjadi salah satu kampus dengan peminat terbesar dunia. Hingga kini, tercatat 11.520 mahasiswa di MIT, dengan lebih dari 4.000 mahasiswa sarjana dan lebih dari 6.000 mahasiswa pascasarjana.

Menurut data terbaru (Class of 2023), ada 21.312 pelamar di universitas ini dengan 1.427 yang diterima. Nah, apakah kamu salah satu yang diterima?

Kamu tentu saja memiliki peluang besar untuk menjadi mahasiswa terbaik MIT, selama kamu memiliki semangat juang untuk mewujudkan impian kamu, jalan akan selalu terbuka untuk kamu. Semangat!

4. University of California Berkeley

Pada peringkat 4 ada University Of California Berkeley. Kampus ini telah banyak melahirkan tokoh-tokoh penting dunia. Di Indonesia sendiri telah banyak yang merupakan lulusan dari Berkeley ini.

University of California didirikan pada tahun 1868 silam. Menjadi salah satu kampus dengan program jurusan terbanyak di dunia. Sehingga apa yang menjadi minat kamu bisa kamu wujudkan di kampus ini.

Berdasarkan dapat, University of California Berkeley memiliki lebih dari 350 program jurusan. Apa saja ya jurusan program sebanyak itu? Tentu akan menjawab apa yang menjadi fokus cita-cita kamu.

Untuk jumlah mahasiswanya sendiri hingga tahun 2018 terdiri atas 30.853 mahasiswa sarjana dan 11.666 mahasiswa pascasarjana. Apakah kamu yang akan masuk dalam daftar mahasiswa kampus ini selanjutnya?

5. University of Washington (UW)

Berada di peringkat kelima universitas terbaik di dunia adalah University of Washington (UW). Kampus ini terletak di Seattle, Tacoma, dan Bothell.

University of Washington menawarkan 1.800 perogram sarjana untuk di setiap kuartal. Kampus ini menghasilkan lebih dari 12.000 sarjana, magister, doktor, dan profesional setiap tahun.

Dengan banyaknya program yang tersedia, dengan lulusan setiap tahun yang berjumlah belasan ribu, tentu saja membuka peluang besar untuk kamu menjadi satu diantara ribuan orang yang menjadi lulusan kampus terbaik di dunia ini.

6. University of Michigan

Pada peringkat ke 6 kampus terbaik dunia ada University of Michigan. Kampus ini didirikan pada tahun 1817. Lokasinya berada di Detroit, Michigan, Amerika Serikat.

Universitas ini memiliki 19 kampus, mulai dari Arsiterktur dan Perencanaan Kota hingga Kebijakan Publik. Kampus ini juga menjadi salah satu kampus yang memiliki keragaman yang cukup banyak asal negara mahasiswanya.

Kamu bisa membaur dengan berbagai mahasiswa dari berbagai penjuru dunia di kampus ini. Pada tahun 2019, mahasiswa universitas ini datang dari 82 wilayah Michigan, 50 negara bagian, dan 139 negara di dunia.

Apakah kamu yang akan menjadi perwakilan dari Indonesia? Mewakili Indonesia dalam kelas-kelas dan membaur dengan berbagai mahasiswa di University of Michigan? Tentu saja bisa!

7. University of Oxford

Menempati posisi ketujuh universitas terbaik di dunia versi Webometrics adalah University of Oxford. Kampus ini menjadi kampus tertua di Inggirs.

Universitas Of Oxford merupakan pusat pembelajaran, pengajaran, penelitian, universitas tertua di Inggris. Yang mana telah menjadi rujukan berbagai calon mahasiswa dari seluruh penjuru dunia.

Dalam data setidaknya ada lebih dari 24.000 mahasiswa di Oxford, termasuk 11.930 mahasiswa sarjana dan 11.813 mahasiswa pascasarjana.

Nah, kamu juga bisa menjadi bagian dari kampus tertua ini. Menjadi mahasiswa asal Indonesia untuk University of Oxford, menjadi lulusan terbaik dan membagikan pengetahuan kamu untuk membangun Indonesia.

8. John Hopkins University

Pada urutan ke 8 kampus terbaik di dunia adalah John Hopkins University. Kampus John Hopkins ini merupakan universitas penelitian pertama di Amerika yang didirikan pada tahun 1876 silam..

Letak dari universitas ini berada di Baltimore, Maryland. John Hopkins University menawarkan 52 jurusan, mulai dari Studi Afrika hingga Seminar Kepenulisan.

Kamu yang ingin tinggal di Amerika dan sekaligus melanjutkan pendidikan, bisa menjadikan kampus ini sebagai tujuan pendidikan kamu. Mewakili Asia, mewakili Indonesia menjadi yang terbaik di John Hopkins University.

9. Columbia University

Columbia University menjadi kampus terbaik dunia pada peringkat 9. Kampus ini didirikan pada 1754 sebagai King’s College.

Universitas Columbia ini merupakan institusi pendidikan tinggi tertua yang berada di New York dan kelima tertua di Amerika Serikat.

Tercatat pada tahun 2019, setidaknya ada 42.569 pelamar dengan 2.245 yang diterima. Jumlah pelamar yang sangat besar ini berasal dari seluruh penjuru dunia.

Kamu, bisa saja masuk dalam deretan 2.245 yang diterima. Kucinya harus percaya dengan tujuan pendidikan kamu. Melajutkan kuliah di kampus terbaik bukan sekedar mimpi, namun kenyataan yang bisa kamu wujudkan.

10. Cornell University

Pada peringkat ke 10 adalah Cornell University. Universitas dengan maskot “big red bear” atau “beruang merah besar” menjadi sa;ah satu kampus incaran calon mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.

Cornell University terletak di Ithaca, New York. Kampus ini didirikan pada tahun 1865 dengan identitas private university (universitas privat), public mission (misi publik).

Setidaknya ada 24.027 mahasiswa dan 1.684 profesor yang tercatat di Cornell University. Kamu bisa menjadi salah satunya tentu saja.

Nah dari 10 kampus terbaik mana yang menjadi tujuan kamu? Apakah salah satunya adalah impian kamu? Jangan hanya menjadi dalam mimpi, namun usahakan untuk mewujudkannya. Untuk biaya, kamu bisa memanfaatkan berbagai beasiswa yang ada. Informasi beasiswa dapat melihat melalui tautan berikut: Informasi Beasiswa Terbaru.

Apa pun yang menjadi tujuan dan impian kamu untuk melanjutkan pendidikan, semua sangat mungkin terbuka. Kamu bisa menjadi mahasiswa salah satu kampus terbaik dunia, selama kamu yakin mewujudkannya. Demikian pembahasan mengenai 10 Kampus Terbaik Di Dunia Impian Setiap Orang! Semoga bermanfaat, salam!

Ramai Dibaca Nih
Why So Serious Indonesia?