Kampus dengan Jurusan Musik Terbaik di Indonesia Selain IKJ

10 Kampus dengan Jurusan Musik Terbaik di Indonesia Selain IKJ

Suaramilenial.id Hai kamu, apa sih bakat terpendam kamu? Bisa jadi salah satunya adalah pada bidang musik. Mendukung ini, tentu saja kamu bisa melatih kemampuan, baik melalui kursus, ototdidak, dan sekolah musik. Nah, ada banyak kampus dengan jurusan musik terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan kamu loh.

Salah satu kampus yang sudah terkenal melahirkan musisi tanah air adalah Institut Kesenian Jakarta. Banyak musisi yang lahir dari kampus ini. Walau, ada juga musisi-musisi tersebut tidak ambil jurusan musik loh ketika kuliah di IKJ. Tapi ada iklim bagaimana bermusik, membuat grup band begitu kental di kampus ini.

Maka tidak heran, ketika membicarakan kampus dengan jurusan musik, sering kali kita akan terlintas dengan IKJ. Ya, bagaimana tidak, iklimnya emang musik banget si, ini pendapat pribadi ya dari mengikuti rekam jejak cerita kebanyakan mahasiswa jebolan IKJ.

Indonesia Memiliki Banyak Kampus Jurusan Musik di berbagai Daerah

Kamu perlu tahu, Indonesia memiliki banyak kampus dengan jurusan musik. Mungkin saja, salah satunya juga ada di kota kamu. Dan, jika kita mau melakukan riset mendalam, bisa jadi banyak juga musisi atau pemusik yang telah lahir dari kampus tersebut.

So, buat kamu yang memang tertarik dengan musik dan ingin mengulas lebih dalam, kamu bisa pertimbangkan terlebih dahulu ke kampus mana kamu akan memulai langkah kamu.

Dengan masuk kampus dengan jurusan musik terbaik, selain kamu dapat mempelajari hal yang kamu sukai, juga tentu saja untuk memperdalam ilmu kamu agar bisa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan nantinya. Kan menyenangkan bekerja sesuai dengan hobi.

Secara umum, Program studi Seni Musik atau jurusan musik akan mempelajari musik sebagai medium untuk mengekspresikan seni melalui bunyi dan ritme. Pada jurusan musik, kamu akan mempelajari banyak hal, mulai dari sejarah musik, teori musik, bagaimana produksi musik, kemudian pengelolaan atau manajemen industri musik hingga mempelajari komposisi musik.

Nah, terus apa saja kampus musik yang bisa jadi pilihan kamu? Berikut adalah daftar 10 kampus dengan jurusan musik terbaik yang bisa menjadi pilihan kamu. Oh iya, penomoran daftar pada urutan kampus terbaik ini, tidak mewakili peringkat ya! Yuk silakan chek!

Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Seperti sudah kita singgung sedikit di atas, memang IKJ ini menjadi salah satu yang bakal terngiang ketika membicaraka kampus dengan jurusan musik, karena banyak musisi dan band yang lahir dari kampus ini.

Institu Kesenian Jakarta atau IKJ juga menjadi salah satu kampus yang paling sering dijadikan pilihan bagi para seniman-seniman Indonesia untuk mendalami passion mereka di bidang seni, termasuk seni musik.

IKJ sendiri telah mampu mengukir sejarah di Indonesia sebagai Perguruan Tinggi Seni pertama yang mempunyai semua bidang studi seni dalam satu kampus. Jadi, iklim seni di kampus ini sudah memenuhi sebagai sebuah ekosistem bagi pelaku seni untuk mengembangkan bakat mereka.

Naj, kampus IKJ untuk jurusan seni musik sendiri juga memiliki lulusan yang membanggakan bagi Indonesia, misalnya Iwan Fals dan Naif, dari keduanya kita bisa memahami bagaimana warna musik Indonesia dari tahun ke tahun.

Untuk jurusan S1 Seni Musik IKJ berada di bawah Fakultas Seni dan Pertunjukan. Pada fakultas ini, juga terdapat berbagai jurusan lain seperti; jurusan Seni Tari, Seni Teater, Etnomusikologi, dan Antropologi Tari.

Buat kamu yang tertarik untuk memulai langkah awal kamu dalam seni musik dan ingin kuliah musik di IKJ. Kamu bisa langsung membaca fnfo lengkap tentang IKJ melalui laman website resmi www.ikj.ac.id

Institut Seni Indonesia (ISI Yogyakarta)

Selain IKJ, jika berbicara mengenai kampus seni, tentu saja kita akan menyebut ISI Yogyakarta. Kampusnya para seniman, yang juga berada di salah satu daerah di Indonesia yang kental dengan budaya dan ekosistem seninya.

ISI Yogyakarta adalah kampus negeri dengan jurusan kesenian tertua di Indonesia. Jika melihat pada data lulusan, kita bisa melihat begitu banyak seniman-seniman terkenal tanah air yang lahir dari kampus ini seperti Butet Kertaredjasa, Edhi Sunarso, Didik Nini Thowok, dan masih banyak sederet nama lain.

Khusus pada bidang musik, terdapat jurusan S1 Seni Musik ISI Yogyakarta. Jurusan musik ini masuk pada Fakultas Seni Pertunjukan bersama dengan jurusan seni lainnya, mulai dari etnomusikologi, penciptaan musik, tari dan teater, karawitan, hingga pendalangan.

Nah, kamu yang memiliki cita-cita dalam dunia seni khsusunya seni musik, kamu bisa menjadikan ISI Yogyakarta sebagai salah satu tujuan kamu menempuh pendidikan seni musik kamu. Apa lagi kamu yang ingin merasakan ekosistem seni Yogyakarta, ini langkah yang tepat kiranya.

Namun, sebelum memutuskan, ada baiknya kamu mempelajari telebih dahulu luar dalam dari jurusan seni musik ISI Yogyakarta ini. Info lengkap tentang ISI Yogyakarta bisa kamu lihat pada website remsi www.isi.ac.id

Jurusan Musik Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Buat kamu yang berada di Padang, kamu bisa banget mengembangkan bakat kamu dalam dunia seni khususnya seni musik. Kamu bisa masuk kampus jurusan musik yang sudah ada, yaitu Jurusan Musik Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Kampus Seni Indonesia Padang Panjang ini sudah berdiri sejak tahun 1956. ISI Padang panjang ini juga menjadi salah satu kampus negeri dengan jurusan Seni Musik terbaik di Sumatera, dan menjadi pilihan bagi putra-putri terbaik Sumatera.

Jurusan S1 Seni Musik di ISI Padang Panjang masuk pada Fakultas Seni Pertunjukan, bersama dengan Seni Tari, Seni Teater, dan Seni Karawitan.

Jadi, buat kamu yang di Sumatera, kamu punya loh kampus musik terbaik yang dekat dengan daerah kamu. Nah, selengkapnya kamu bisa cek lebih dulu nih mengenai Jurusan Musik dan juga berbagai hal tentang ISI Padang Panjang melalui laman resmi mereka www.isi-padangpanjang.ac.id

Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB)

Buat kamu yang tinggal di Bandung dan sekitarnya. Kamu bisa melanjutkan keinginan kamu masuk kampus jurusan musik terbaik, karena salah satunya ada di Bandung.

Bandung, memang terkenal melahirkan banyak musisi dan grup musik. Kamu tentu sudah hafal kan band-band besar yang lahir dari kota ini.

Nah, di Bandung ada kampus dengan jurusan Seni Musik, yaitu Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB). Kampus musik ini bisa menjadi pilihan kamu yang ingin mengambil kuliah di jurusan Seni Musik.

Sebagai informasi, STiMB menawarkan dua program studi Seni Musik, yaitu D3 Penyaji Musik Populer dan S1 Seni Musik. Untuk informasi lengkapnya kamu bisa langsung melalui laman website mereka www.sekolahtinggimusik.com

Jurusan Musik Universitas Pelita Harapan (UPH)

Universitas Pelita Harapan menjadi salah satu universitas swasta yang menyediakan jurusan S1 Seni Musik dengan berbagai program studi menarik dan lengkap.

Kamu bisa memilih program studi seperti Classical Performance, Jazz & Pop Music Performance, Music Education, Music Therapy, Church Music Ministry, Performing Arts Production & Management, Sound Design & Music Production dan Music Composition & Film Scoring.

Nah, dengan banyaknya pilihan program studi ini, tentu saja genre musik yang kamu suka bisa menjadi pilihan yang baik. Ini bisa menjadikan kamu lebih fokus pada pilihan musik kamu.

Seperti apa Universitas Pelita Harapan, dan detail lengkap mengenai jurusan musik yang mereka tawarkan, kamu bisa cek selengkapnya melalui tautan berikut www.music.uph.edu

Institut Musik Indonesia (IMI)

Daftar kampus musik terbaik selanjutnya adalah Institut Musik Indonesia. IMI sendiri lahir dengan melihat pada perkembangan industri musik kontemporer di Indonesia yang belum diimbangi dengan pendidikan formal setingkat sarjana pada bidang tersebut.

Melalui latar perkembangan tersebutlah, kemudian yang mendorong IMI untuk menjadi penyelenggara pendidikan seni musik kontemporer dengan gelar kesarjanaan. Ini tentu saja bisa menjadi pilihan untuk kamu yang menekuni musik kontemporer.

Untuk Institut Musik Indonesia sendiri lulusannya pun sudah banyak berkarier dan sukses di industri musik nasional dan internasional. Banyak grup band atau solo karir yang lahir dari IMI ini loh.

Sebut saja beberapa mahasiswanya yang sudah sukses di industri musik antara lain Kerispatih, Petra Sihombing, W.A.R Band (Juara 1 Tokyo Band Summit 2019 vs Asian Beat di Jepang), Adrian Martadinata, Figgy Papilaya, dan musisi lainnya.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kampus jurusan musik IMI ini, silakan kamu cari informasi lengkapnya pada tautan berikut www.soca.ac.id

Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Kembali ke Jakarta, jika tadi sudah menyebut IKJ, nah di jakarta ada jurusan kampus musik selain IKJ loh, kampus lain di Jakarta yang paling diminati untuk jurusan Seni Musik adalah Universitas Negeri Jakarta.

Nah, Universitas Negeri jakarta ini juga telah berhasil melahirkan banyak seniman kondang yang nggak asing lagi pada kancah dunia seni musik Indonesia. Salaha satu pentolan UNJ misalnya adalah Sundari Soekotjo.

Memang, secara umum UNJ merupakan kampus yang bergerak pada bidang pendidikan, namun melihat data banyak lulusan UNJ yang mempunyai karier cemerlang ketika menjajaki karier di luar dunia pendidikan.

Untuk kamu yang tertarik masuk kampus jurusan musik UNJ, kamu bisa terlebih dahulu mencari informasi lengkap dengan mengunjungi laman resmi berikut www.fbs.unj.ac.id

Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Hai kamu yang tinggal di Semarang dan sekitarnya. Kalau kamu ingin masuk kampus jurusan musik terbaik, kamu bisa banget nih memilih Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Oh iya, UNNES ini mempunyai program yang cukup lengkap untuk jurusan Pendidikan Seni Musik. Kamu bisa mengambil program sarjana, magister, sampai jenjang doktor. Jadi, UNNES bisa menjadi pilihan kamu dong.

Sebagai tambahan informasi nih ya, saat ini Universitas Negeri Semarang juga telah menjalin kerjasama internasional pada bidang seni dengan Bangkok Faculty Exchange Academy, Taipei National of Art dan Australia.

Adanya kerja sama ini, maka kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai musik. Nah, untuk kamu yang tertarik, kamu bisa melihat informasi lengkapnya pada laman resmi www.unnes.ac.id

Jurusan Musik Universitas Negeri Malang (UM)

Buat kamu yang di Jawa Timur, Malang Khususnya, ada kampus yang membuka jurusan di bidang musik yang ditawarkan oleh Universitas Negeri Malang. UM sendiri tentu sudah tidak asing kan bagi kalian.

Kamu yang suka dengan musik, kamu bisa mengambil program studi Pendidikan Seni Tari dan Musik Univeristas Negeri Malang. Untuk jurusan musik UM ini pun sudah terakreditasi A pada tahun 2017 lalu.

Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) ini masuk ke dalam jurusan Seni dan Desain yang berada di bawah Fakultas Sastra. Untuk informasi lengkap mengenai jurusan musik Universitas Negeri Malang silakan langsung membuka laman resmi mereka www.um.ac.id

Universitas Sumatera Utara (USU)

Kembali ke Sumatera ini, kamu yang ingin serius pada bidang musik, kamu bisa memilih kampus musik dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Kampus yang terletak di kota Medan ini mempunyai jurusan kuliah pada bidang musik yang bernama Etnomusikologi. Sebagai informasi, jurusan ini pun telah mendapatkan akreditasi A pada tahun 2017 lalu.

Etnomusikologi USU, menjadi jurusan kuliah yang berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya. Merujuk pada laman resmi, Etnomusikologi USU ini merupakan salah satu yang pertama di Indonesia.

Untuk mata kuliah yang akan kamu pelajari ketika memilih masuk jurusan musik USU antara lain Pengantar Etnomusikologi, PraktIk Musik Nusantara Pilihan, hingga Musik Ritual.

Lebih lengkap mengenai jurusan musik USU kamu bisa secara lengkap membara informasi lengkapnya pada laman resmi mereka www.usu.ac.id

Kesimpulan

Nah, dari 10 kampus di atas, mana nih yang kemudian menjadi pilihan kamu. Tentu ada banyak pertimbangan ketika kamu mau memilih sebuah kampus. Semoga bisa jadi sedikit informasi buat kamu ya.

Nah, untuk biaya pendidikan kamu bisa sekali memanfaatkan berbagai kesempatan beasiswa yang ada. Setiap tahun, banyak loh lembaga yang membuka beasiswa untuk jurusan s1. Ini bisa membantu kamu secara keuangan kan.

Penting juga untuk kamu mempersiapkan keuangan kamu sedari sekarang. Biar nanti ketika waktunya tiba untuk masuk kuliah. Kamu sudah memiliki bekal yang cukup secara financial kan. Kamu bisa jadi anak muda yang tentu saja Cerdas Financial.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai 10 kampus dengan jurusan musik terbaik. Semoga bisa menjadi pertimbangan buat kamu. Sukses selalu ya. Salam.

Ramai Dibaca Nih
Software Payroll Terbaik
Penggajian Karyawan Dengan Software Payroll Terbaik