10 Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

10 Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Suaramilenial.id Hai Milenials, apakah kamu sedang mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikanmu? Beasiswa apa yang sedang kamu incar nih? Apakah kamu menginginkan beasiswa dalam negeri atau sudah ada rencana untuk memulai pendidikan di luar negeri? Nah kali ini kita mau kasih bocoran nih, bagaimana Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa dalam dan luar negeri. Oke langsung aja ya!

Oh iya buat kamu yang sedang mencari info beasiswa untuk dalam negeri dan luar negeri, beasiswa untuk S1, S2 dan S3 kamu bisa mencari di rubrik suaramilenial yang membahas khusus tentang beasiswa ya. Silakan ke tautan berikut: Info Beasiswa Lengkap

1. Miliki Waktu Yang Cukup Untuk Persiapan

Ketika kamu  sudah memiliki tekad atau cita-cita untuk melanjutkan pendidikan dan menginginkan adanya beasiswa sebagai ‘modal’ meraih pendidikan tersebut, maka kamu perlu untuk mempersiapkan secara matang.

Persiapan ini menyangkut waktu yang kamu butuhkan,  jadi kamu harus bisa menghitung secara cermat waktu yang kamu miliki. Kapan kamu akan memulai pendidikanmu, kapan kamu akan mulai mengurus berkas persyaratan beasiswamu.

Nah, jangan sampai kamu mendapatkan informasi baru deh kelimpungan  karena waktu sudah mepet. Maka jauh-jauh hari kamu harus sudah memiliki perencanaan perihal waktu ini.

Kalu kamu saat ini sudah memasuki semester akhir misalnya, dan kamu ingin langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, maka kamu harus bergegas mencari informasi yang cukup perihal kampus atau sekolah tujuan. Juga tentu saja mencari beasiswa yang paling tepat.

Idealnya kamu harus mempersiapkan diri atau memiliki waktu untuk persiapan setidaknya 12 bulan. Ya, waktu yang cukup, 2 semester dalam kalender pendidikan. Ini cukup untuk mencari informasi, mengasah kemampuan akademik, dan mengurus berbagai dokumen yang diperlukan.

2. Cari Info Beasiswa Dengan Keyword Yang Tepat

Memang banyak informasi beasiswa yang bisa kamu dapatkan, kamu bisa mencari dari situs penyedia informasi atau pun sosial media yang rajin update informasi beasiswa. Nah biar kamu jangan sampai salah pilih, maka kamu perlu mencari dengan kata kunci yang tepat.

Mengapa perlu kata kunci yang tepat? Kok kaya sedang menjalankan strategi digital marketing aja? Ya, karena informasi yang dimunculkan oleh mesin pencari didasari pada  kata kunci atau keyword. Sama halnya ketika kamu sedang mencari info beasiswa.

Kamu perlu memilih keyword yang paling sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.  Kaitan keyword ini juga untuk memudahkan kamu mencari beasiswa dari segi peruntukan, karena beasiswa ada yang untuk kurang mampu, prestasi dan jalur khusus.

Ketika kamu ingin mendapatkan beasiswa di Australia jalur prestasi. Keyword yang bisa kamu gunakan adalah; Beasiswa Australia Berprestasi.

3. Jeli Dalam Mencari Yang Paling Spesifik

Untuk kamu yang menginginkan beasiswa yang spesifik maka kamu harus jeli dalam mencari beasiswa yang memang paling sesuai dengan pencarianmu. Kamu harus memastikan bahwa kamu mengerti maksud dan tujuan dari beasiswa yang kamu ingin gunakan.

Beasiswa spesifik ini misalnya berkaitan dengan bakat dan minat. Biasanya akan ada persyaratan spesifik di bidang keahlian atau minat tertentu. Maka kamu harus benar-benar paham.

Karena pada dasarnya semakin sesuai calon penerima beasiswa maka akan semakin besar kemungkinan kamu mendapatkannya. Jangan sampai kamu hanya asal mengajukan, tanpa memahami maksud dan tujuan dari pemberi beasiswa.

4. Cari Informasi ‘informal’ Dari Sumber Terpercaya

Salah satu Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa Dalam dan Luar Negeri adalah dengan mengulik atau mencari informasi informal yang cukup.

Apa itu? Yaitu dengan kepo atau tanya kepada alumni atau mereka yang sudah mendapatkan beasiswa tersebut. Biasanya ada saja kakak tingkat kamu yang lebih dahulu mendapatkan beasiswa, kamu bisa tanya secara lengkap kepada mereka.

Kepo kepada alumni atau penerima beasiswa ini penting, agar kamu paham bagaimana proses dan juga setelah mendapatkan beasiswa seperti apa skema dan sistemnya.

5. Menjaga dan Meningkatkan Nilai Akademik

Kebanyakan beasiswa adalah beasiswa berprestasi. Beasiswa berprestasi tentu mengutamakan syarat nilai akademik atau prestasi bidang.

Maka kamu wajib untuk meningkatkan atau menjaga nilai akademik kamu. Jangan sampai kamu mengajukan beasiswa dengan nilai akademik yang pas-pasan, karena tentu pesaing kamu akan sangat banyak.

Masih ada waktu untuk kamu mengejar nilai akademik kamu. Upayakan melebihi persyaratan minimal dari pemberi beasiswa ya! Semangat!

6. Pahami Persyaratan dan Kriteria Beasiswa

Ingat kata kunci agar kamu bisa mendapatkan beasiswa impianmu adalah kamu harus memenuhi seluruh persyaratan terlebih dahulu. Jangan sampai  ada yang kurang atau tidak serius.

Ketika kamu mencari informasi beasiswa dan telah mendapatkan sumber yang dituju, kamu akan melihat berbagai kriteria dan persyaratan. Kamu harus memastikan semua kamu miliki.

7. Lengkapi Dokumen Persyaratan

Apa saja dokumen persyaratan yang diperlukan? Kamu harus baca secara teliti, buat daftar ceklist agar kamu bisa menandai satu persatu.

Sisa waktu yang ada kamu perlu gunakan sebaik mungkin untuk melengkapi dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Pastikan tidak ada kesalahan saat kamu menyusun dan menyiapkan  dokumen. Karena dokumen yang banyak itu bukan sekedar formalitas, pasti akan dilakukan pengecekan.

8. Menyusun Waktu dan Strategi Mendapatkan Beasiswa

Ketika kamu mencoba peruntungan dengan mendaftar lebih dari satu beasiswa maka kamu perlu menyusun waktu dan strategi yang tepat untuk mendapatkan beasiswa.

Menyusun strategi dan waktu ini agar jangan sampai kamu kewalahan sendiri. Karena harus mengurus lebih dari satu pengajuan beasiswa. Belum lagi menghadapi proses seleksi.

Maka kamu harus pintar-pintar dalam menghitung dan merumuskan strategi dalam proses mendaftar dan menjalani seleksi beasiswa yang kamu inginkan.

9. Persiapkan Setiap Tahapan Dengan Matang

Akan  ada proses seleksi, tahapan yang harus kamu lalui satu persatu. Maka kamu harus menyiapkan semua dengan matang.

Setelah kamu  mengetahui alur waktu penerimaan beasiswa, kamu perlu melatih kemampuan berbahasa, kemampuan akademik, dan berbagai tes seleksi yang mungkin akan kamu jalani.

Terutama pada proses wawancara, kamu harus benar-benar bisa memberikan keyakinan mengapa kamu menjadi kandidat terbaik untuk mendapatkan beasiswa.

10. Kesehatan Fisik dan Mental

Paling penting dalam persiapan mendapatkan beasiswa adalah dengan tetap menjaga kesehatan fisik dan mental. Jangan sampai kamu sakit, karena halangan sakit kamu bisa tidak mengikuti seleksi, dan dinyatakan gagal.

Juga jangan sampai kamu takut, mentalmu menciut karena beban pikiran. Kamu harus optimis dan yakin kamu bisa. Mentalmu harus kuat.

Nah, itu 10 Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa Dalam dan Luar Negeri. Semoga bisa memberikan gambaran ya. Dan buat kamu yang sedang mencari beasiswa, tetap semangat ya! Salam manis! RAR

Latest posts by Suara Milenial (see all)
Ramai Dibaca Nih
Program Beasiswa Smart Mills
Program Beasiswa SMART Mills 2021 Untuk SMA Sederajad